Idul Adha 2021: Bagaimana Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing?

Oleh: Rizal Amril Yahya - 20 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Berikut adalah perbedaan ciri-ciri antara daging sapi dan daging kambing.
tirto.id - Hari Raya Idul Adha tahun ini jatuh pada hari ini, Selasa 20 Juli 2021. Hari Raya Idul Adha bertujuan untuk memperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim AS mendapat wahyu dari Allah SWT untuk mengorbankan anaknya, Ismail AS, sebagai wujud ketakwaan terhadap Allah SWT.

Nabi Ibrahim AS mendapat wahyu untuk mengorbankan anaknya dan tetap berserah diri pada Allah, begitu pula dengan anaknya, Nabi Ismail AS. Berkat ketakwaan Ibrahim dan Ismail, Allah SWT mengganti Ismail yang akan dikorbankan dengan seekor domba.

Untuk memperingati peristiwa keagamaan tersebut, umat Islam menyembelih hewan ternak tiap setahun sekali sebagai bentuk pengorbanan kepada Allah. Daging hasil kurban kemudian dibagikan secara gratis pada orang lain sebagai bentuk amal.

Selain mengenang peristiwa kurban, penyembelihan hewan kurban saat Idul Adha juga dimaksudkan sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT pada umatnya.

Pembagian daging hasil hewan kurban seringkali menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Dengan daging kurban, orang-orang yang tak berkurban akan mendapatkan daging untuk dimasak dan dinikmati oleh keluarga.

Terlebih lagi, supaya dapat dikurbankan, hewan kurban diharuskan sehat. Hal tersebut membuat daging kurban yang diterima berkualitas baik.

Menu-menu masakan seperti sate, rendang, tongseng, dan gulai menjadi jamak ditemui ketika Idul Adha berlangsung.

Hewan ternak yang boleh dikurbankan saat Iduladha antara lain sapi, domba, kambing, dan unta. Di Indonesia, kambing dan sapi jamak digunakan sebagai hewan kurban.

Akan tetapi, ketika Hari Raya Idul Adha, daging kurban sering kali tercampur antara sapi dan kambing. Hal tersebut membuat kita menemui kebingungan untuk membedakan antara daging sapi dengan daging kambing. Lantas, apa saja perbedaan ciri daging sapi dan daging kambing?

Dilansir dari Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Produk Hewan Kementerian Peternakan, berikut perbedaan ciri-ciri daging sapi dan daging kambing:
  1. Perhatikan warna dagingnya. Daging sapi memiliki warna merah yang lebih pucat ketimbang daging kambing.
  2. Perhatikan lemak dalam daging. Daging sapi memiliki lemak lebih sedikit daripada daging kambing.
  3. Perhatikan aroma daging mentahnya. Kedua daging memiliki aroma yang khas, namun aroma daging kambing lebih kuat dan cenderung menyengat.
  4. Perhatikan serat daging saat memotong daging. Ketika memotong daging, daging kambing akan terasa lebih keras daripada daging sapi karena daging kambing memiliki lebih banyak serat.
  5. Perhatikan tekstur daging. Tekstur daging sapi cenderung lembut dan halus, berbeda dengan daging kambing yang cenderung bertekstur lebih kasar.
Selain itu, seringkali daging kurban tidak habis untuk sekali masakan. Agar awet, daging kurban perlu disimpan dalam pendingin (freezer). Sebelum disimpan dalam pendingin, daging perlu dipotong kecil-kecil dan dimasukkan dalam wadah atau plastik.


Baca juga artikel terkait IDUL ADHA atau tulisan menarik lainnya Rizal Amril Yahya
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Rizal Amril Yahya
Penulis: Rizal Amril Yahya
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight