Idris Elba Terima Penghargaan Khusus BAFTA 2020

Oleh: Dede Mudopar - 21 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Idris Elba terima penghargaan khusus BAFTA atas kontribusinya di dunia pertelevisian.
tirto.id - The British Academy of Film and Television Arts (BAFTA) mengumumkan Idris Elba akan menerima Penghargaan Khusus BAFTA (BAFTA Special Award) pada 21 Juli 2020. Dikutip dari lamam resmi BAFTA, penghargaan itu diberikan kepada Elba atas kontribusinya di dunia pertelevisian serta perjuangannya dalam memperjuangkan keberagaman dalam industri ini.

Aktor yang membintangi Mandela: Long Walk to Freedom itu akan menerima penghargaan tersebut dalam upacara penghargaan British Academy Television Awards pada 31 Juli 2020 yang akan diselenggarakan secara virtual. Acara ini akan dipandu oleh Richard Ayoade dan disiarkan di BBC One.

Dilansir dari BBC, salah satu penghargaan tinggi BAFTA ini sebelumnya diberikan kepada Clare Balding, Cilla Black, Sir Lenny Henry and John Motson.

“Sudah menjadi misi saya untuk memberikan kesempatan dan akses untuk memunculkan bakat dari berbagai macam latar belakang dalam industri ini, kesempatan yang sama yang saya terima bertahun-tahun lalu dari casting yang berfikir secara terbuka dan sadar akan keberagaman,"” ujar Elba, dilansir dari BBC.

Aktor serial televisi Luther ini berterima kasih kepada BAFTA karena mempertimbangkan dirinya dan orang lain atas dedikasi mereka untuk tujuan yang sama. Di lain pihak, Amanda Berry, kepala eksekutif BAFTA, menyebut Elba merupakan "salah satu aktor Inggris yang paling terkenal di Inggris dan internasional.”

Ajang British Academy Television Awards digelar sejak 1955. Untuk tahun ini, daftar nominasi sudah diumumkan sejak awal Juni 2020. Miniseries yang ditayangkan HBO, Chernobyl, meraih banyak nominasi. Serial tentang peristiwa nuklir di Chernobyl tersebut mendapat 14 nominasi, salah satunya Jared Harris yang masuk dalam nominasi pemeran utama terbaik.

Dilansir dari Variety, pada 2016 Elba, menantang parlemen Inggris karena kurangnya keberagaman dalam industri layar kaca negara tersebut. Masih di tahun yang masuk dalam Daftar Penghargaan Tahun Baru Ratu Elizabeth dan masuk dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia versi TIME.

Idris Elba merupakan aktor keturunan Afrika yang lahir di Inggris dan dibesarkan di London bagian Timur. Selama kariernya dalam dunia perfilman, dia telah menerima beberapa penghargaan. Dalam ajang Golden Globe Awards 2014, dia masuk nominasi Best Performance in a Motion Picture dalam perannya sebagai Nelson Mandela dalam film Mandela: Long Walk to Freedom yang dirilis tahun 2013.

Berkat aktingnya yang mumpuni dalam film arahan Cary Fukunaga, Beasts of No Nation, Elba berhasil meraih banyak penghargaan. Perannya sebagai Commandant dalam film yang dirilis pada 2015 itu membawa dia mendapatkan The Washington DC Area Film Critics Association (WAFCA) untuk kategori Aktor Pendukung Terbaik. Selain itu dia kembali masuk nominasi dalam BAFTA Award 2016 pemeran pendukung terbaik serta masuk nominasi Golden Globe Awards untuk kategori yang sama.



Baca juga artikel terkait BAFTA 2020 atau tulisan menarik lainnya Dede Mudopar
(tirto.id - Film)

Penulis: Dede Mudopar
Editor: Yantina Debora
DarkLight