Idham Sebut Tangan Dingin Kapolri Sigit Bikin Polri Maju

Oleh: Adi Briantika - 27 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Mabes Polri menggelar serah terima jabatan Kapolri baru dengan protokol kesehatan ketat.
tirto.id - Mabes Polri menggelar acara serah terima jabatan Kapolri dari Jenderal Idham Azis kepada Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Hanya sejumlah jenderal polisi hadir secara fisik di ruang Rupatama Polri karena pandemi. Para kapolda mengikuti sertijab secara virtual.

Idham berharap Korps Bhayangkara lebih maju di bawah kepemimpinan kepala baru.

"Saya yakin dan berdoa, di tangan dingin bapak melalui program transformasi menuju Polri yang presisi, institusi Polri akan lebih baik lagi," ujar dia, Rabu (27/1/2021).

Ia juga berterima kasih kepada banyak pihak karena berkesempatan menjadi Kapolri ke-24, serta memohon maaf bila ada kesalahan.

Pelantikan Listyo Sigit berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 5/POLRI tahun 2021 tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia dan ditetapkan pada 25 Januari 2021.

Dia mendapat kenaikan pangkat dalam golongan perwira tinggi Polri berdasarkan Keppres Nomor 7/POLRI Tahun 2021 yang ditetapkan di Jakarta pada 27 Januari 2021. Pangkat Sigit naik satu tingkat, dari Komisaris Jenderal menjadi Jenderal.

Dalam sertijab, Sigit mengaku jabatan ini berkonsekuensi. Pertanggungjawaban tidak saja kepada hukum dan peraturan perundang-undangan, pemimpin negara, masyarakat dan negara, tapi juga kepada Tuhan.

"Oleh karena itu niat baik dan komitmen untuk selalu berbuat yang terbaik menjadi landasan bagi saya dalam membawa institusi Polri semakin baik ke depannya," ujar Sigit.

Ketua Umum Bhayangkari dan Yayasan Kemala Bhayangkari pun kini diemban oleh Juliati Sigit Prabowo. Usai sertijab, acara dilanjutkan dengan pengangkatan ibu asuh Polisi Wanita Republik Indonesia.


Baca juga artikel terkait LISTYO SIGIT PRABOWO atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Zakki Amali
DarkLight