Identitas Kim Jong-nam Terungkap Melalui Tes DNA sang Anak

Oleh: Agung DH - 15 Maret 2017
Pemerintah Malaysia akhirnya membuka ke publik metode mereka dalam mengungkap identitas Kim Jong-nam. Dasar pemerintah dalam menentukan identitas Kim Jong-nam dengan mencocokan DNA dengan sang anak. Namun Korut tetap tak mengakui pria yang tewas itu adalah saudara tiri Kim Jong-un.
tirto.id - Identitas King Jong-nam terungkap melalui hasil tes pencocokan DNA sang anak. Dari hasil tes ini Malaysia memastikan bahwa pria yang tewas di Bandara Kuala Lumpur itu adalah saudara tiri dari Kim Jong-un, pemimpin Korea Utara.

Namun Malaysia baru merilis secara resmi hasil penyelidikan tersebut pada Rabu ini melalui Wakil Perdana Menteri Malaysia Ahmad Zahid Hamidi.

"Saya pastikan lagi bahwa jenazah itu adalah Kim Jong-nam Kesimpulan ini didasarkan dari sampel yang diambil dari anaknya," tegas Ahmad Zahid Hamidi seperti dikutip Antara dari Reuters.

Kim Jong Nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, dibunuh pada 13 Februari oleh dua perempuan yang memupurkan gas saraf sangat beracun VX ke wajah korban di bandara Kuala Lumpur.

Selain itu, dasar polisi Malaysia saat memastikan jenazah Kim Jong-nam salah satunya dari 21 tahi lalat pada wajah Kim. Di antara yang paling bisa dikenali adalah tiga tahi lalat di bawah salah satu matanya dan pada salah satu sudut kanan bibirnya.

Karena tahi lalat Kim unik, termasuk letaknya, pihak berwajib memiliki keyakinan bahwa jenazah itu adalah Kim.

Namun Korea Utara sejauh ini tidak mengakuinya sebagai Kim Jong-nam, yang saat itu membawa paspor di bawah nama Kim Chol saat dia dibunuh. Tidak ada anggota keluarga korban yang datang ke Malaysia untuk memastikan jenazah pria malang itu.

Belakangan pembunuhan ini membuat kedua negara bersitegang dengan pengusiran masing-masing duta besar. Malaysia menerima tudingan Korea Utara yang menyebut negara itu berkomplot dengan negara lain dalam pengungkapan kasus pembunuhan King Jong-nam.

Baca juga artikel terkait PEMBUNUHAN KIM JONG NAM atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Agung DH
Penulis: Agung DH
Editor: Agung DH