Ide Hampers Lebaran Murah dan Cara Memilihnya

Oleh: Yonada Nancy - 7 Mei 2021
Dibaca Normal 2 menit
Hampers yang baik tidak melulu soal harga yang mahal, hampers yang baik sebaiknya mencerminkan kedekatan dengan si penerima.
tirto.id - Memberikan bingkisan berupa hampers atau parsel dapat menjadi alternatif merayakan Hari Raya Idul Fitri di tengah pandemi. Apalagi, pemerintah juga melarangan mudik yang menyebabkan banyak orang terpaksa menunda perjalanan pulang kampung.

Mengirimkan hampers maupun parsel bisa dijadikan pelipur lara bagi keluarga maupun teman kala tidak dapat bertemu di hari Lebaran 2021.

Sejalan dengan kondisi ini, pengiriman bingkisan Lebaran juga semakin populer menjelang Lebaran 2021, khususnya pada toko online. Hal ini disampaikan langsung oleh Wakil Direktur Pemasaran Tokopedia, Hilda Kitti yang menyebut bahwa penjualan parsel Lebaran naik hampir empat kali lipat saat Ramadan.

"Karena ada pandemi, mudik dilarang, tahun lalu orang berkirim barang atau parsel," kata Hilda seperti yang dilansir dari Antara.

Ide atau jenis hampers murah untuk Lebaran 2021


Jenis bingkisan seperti hampers dan parsel bisa dikreasikan sesuai keinginan pengirim, khususnya dari segi harga. Berikut ini beberapa rekomendasi jenis hampers murah yang dapat dipertimbangkan untuk jadi bingkisan Lebaran 2021.

1. Teh

Mayoritas orang Indonesia adalah penikmat teh. Bahkan hal ini sebanding dengan produksi teh dalam negerinya yang mencapai 157.000 ton per tahun. Jumlah ini menurut Farrer's menjadikan Indonesia sebagai negara penghasil teh terbesar keenam di dunia mengalahkan Vietnam dan Jepang.

Dengan jumlah produksi yang begitu besar, membuat harga teh di Indonesia tidak terlalu mahal, bahkan tidak sedikit yang masuk dalam kategori murah. Sejauh ini, ada berbagai jenis teh yang banyak dijual dipasaran, seperti teh hitam, teh hijau, teh rosela, teh chamomile, teh melati, hingga teh mawar.

Merangkai beberapa jenis teh dalam satu bingkisan hampers bisa menjadi pilihan yang menarik, berguna, dan tentunya murah.

2. Alat penunjang prokes

Rekomendasi hampers selanjutnya adalah hampers yang berisi peralatan penunjang prokes. Beberapa itemnya antara lain masker kain, masker satu kali pakai, hand sanitizer, disinfektan semprot, cairan pembersih, sabun cuci tangan, dan sebagainya.

Hadiah ini tentunya sangat cocok diberikan dalam kondisi pandemi COVID-19 saat semua orang perlu menjaga kebersihan diri. Apalagi harganya saat ini tidak terlalu mahal dan mudah ditemukan di berbagai apotek, swalayan, toko obat, hingga online shop.

3. Masker wajah

Masker wajah, baik yang berupa sheet mask, clay mask, ataupun mudmask merupakan salah satu produk kecantikan yang dibandrol dengan harga miring. Saat ini sudah banyak produk masker, khususnya dari jenis sheet mask yang dijual dengan harga puluhan ribu atau bahkan belasan ribu rupiah per lembarnya.

Tentunya harga tersebut di luar harga promo yang sering ditawarkan oleh sejumlah e-commerce. Hal ini membuat masker wajah menjadi salah satu item hampers yang banyak dipilih orang.

4. Set pembuat puding

Hampers murah lainnya adalah set pembuat puding. Hampers ini bisa dikatakan murah karena item utamanya adalah puding instan yang dijual mulai dari belasan ribu rupiah.

Agar tidak terlalu sepi, sertakan pula cetakan puding, produk saus, vla, ataupun sirup pelengkap puding. Jika memungkinkan, sertakan beberapa lembar resep puding yang dapat dicoba oleh penerima hampers.

Namun, produk puding juga bisa diganti dengan produk makanan lainnya, seperti pancake, es krim, kue basah, hingga kue kering.

5. Jamu

Jamu merupakan salah satu minuman herbal yang menyehatkan. Jamu dinilai cocok menjadi item hampers khususnya dalam kondisi pandemi yang membuat semua orang perlu menjaga kesehatan.

Apalagi di Indonesia jamu sangat murah dan mudah ditemukan. Pilihlah produk bahan-bahan jamu kering yang bisa disimpan dalam waktu lama. Bila perlu, selipkan kartu di setiap produk jamu yang berisi masing-masing khasiat jamu.

Cara memilih hampers


Hampers yang baik tidak melulu soal harga yang mahal. Melansir Antara hampers yang baik sebaiknya mencerminkan kedekatan dengan si penerima. Singkatnya, pilihlah item bingkisan sesuai dengan kesukaan penerima hampers.

Selain itu, agar hampers memiliki kesan yang lebih personal, pengirim bisa memanfaatkan kartu ucapan. Kartu ucapan selain berisi "Selamat Hari Raya Idul Fitri" bisa juga dilengkapi dengan doa kesehatan dan rencana untuk bertemu selepas pandemi.

Kemudian, yang tidak kalah penting, pilihlah hampers yang sesuai dengan budget atau anggaran yang tersedia. Jangan sampai menghabiskan terlalu banyak dana untuk membuat bingkisan, sementara kebutuhan Lebaran lainnya belum terpenuhi.


Baca juga artikel terkait HAMPERS LEBARAN 2021 atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight