Ide Aktivitas Selama Liburan Natal dan Tahun Baru di Rumah Saja

Oleh: Yulaika Ramadhani - 30 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Berikut adalah ide berlibur di rumah yang bisa kita lakukan selama liburan Natal hingga tahun baru 2021
tirto.id - Libur panjang akhir tahun 2020 sudah di depan mata. Mengisi hari libur dengan beragam aktivitas #dirumahaja adalah salah satu hal untuk menghindari lonjakan kasus Covid-19.

Hal ini agar lonjakan kenaikan kasus Covid-19 saat musim libur panjang di akhir Agustus dan Oktober 2020 lalu jangan sampai terulang pada libur dan cuti bersama akhir tahun ini.

Menerapkan protokol kesehatan merupakan vaksin terbaik saat ini untuk melawan Covid-19. Dalam penerapan protokol kesehatan ini pemerintah mengkampanyekan 3M yakni menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Berikut adalah ide berlibur di rumah yang bisa kita lakukan selama liburan Natal hingga tahun baru 2021 besok:

1. Koleksi Tanaman dan Mulai Berkebun di Rumah

Berkebun bisa jadi ide yang bagus untuk menghabiskan liburan. Berkebun akan lebih menyenangkan apabila menanam tanaman yang disukai, baik tanaman hias maupun tanaman konsumsi. Terlebih lagi, kegiatan berkebun saat liburan cocok bagi orang-orang yang stres bekerja di dalam ruangan.

Sebagaimana dikutip dari Psychology Today, berkebun merupakan salah satu aktivitas yang mampu meredakan stres. Merasakan hangatnya matahari, angin sepoi-sepoi, serta wangi tanaman yang sedang berbunga atau berbuah menjadi unsur penyembuh stres dalam aktivitas ini.


2. Memasak

Jelajahi makanan baru dari seluruh dunia, masaklah beberapa makanan yang ingin dicicipi adalah agenda asyik selama liburan akhir tahun ini. Terlebih lagi, memasak menu spesial kue-kue Natal untuk keluarga di rumah.

Selain berkesempatan menemukan 'rasa baru' proses memasak bisa menyehatkan kondisi psikologis. "Saat Anda berfokus pada momen ini, Anda tidak merenungkan kesalahan masa lalu atau mengkhawatirkan masalah masa depan" tulis Linda Wasmer Andrews dalam Psychology Today. Memasak juga membantu mengurangi stres dan meningkatkan semangat hidup.

3. Mendekorasi Kamar dan Ruang Kerja dengan Suasana Baru

Kemper Hyers, direktur kreatif dari Auberge Resorts Collection membagikan beberapa tips untuk mengubah kamar seperti kamar hotel. "Salah satu hal terbaik dari kamar hotel adalah lemari kosong," kata Hyers seperti yang dilansir dari Washington Post.

Tips yang lain adalah, singkirkan berbagai lukisan, dekorasi, dan barang-barang yang bersifat 'berantakan' (seperti benda dengan warna saling bertabrakan atau terlalu banyak ornamen di dalamnya).

Ganti sprei dengan yang baru dan segar, letakkan beberapa wewangian sesuai dengan nuansa liburan yang diinginkan. Misalnya, jika ingin merasakan libur di pulau tropis, pilih wewangian seperti anggrek, plumeria, vanilla, dan kopi.

4. Menulis Resolusi Akhir Tahun

Momen pergantian tahun selalu jadi kesempatan sebagian besar orang untuk menghitung pencapaiannya setahun ke belakang, lalu menuliskan resolusi dan hal-hal yang ingin ia raih setahun berikutnya.

Euforia tahun baru memang menyenangkan. Sejak menyusun resolusi, kita seringkali optimis bisa mencapai hal-hal yang ingin kita raih setahun ke depan. Beberapa dari kita bahkan sudah memberi tahu teman-teman atau keluarga mengenai target-target yang ingin kita capai. Termasuk liburan bebas Covid-19!


----------

Artikel ini diterbitkan atas kerja sama Tirto.id dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Baca juga artikel terkait KAMPANYE COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Agung DH
DarkLight