HUT TNI ke-76, Komisi I DPR Ingatkan Ancaman Laut Cina Selatan

Reporter: Alfian Putra Abdi - 5 Okt 2021 14:58 WIB
TNI menghadapi tantangan terkait keamanan Laut Cinta Selatan atau Laut Natuna.
tirto.id - Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PKS Sukamta menilai TNI memiliki sejumlah persoalan yang mesti dibenahi. Demi tetap menjaga kedaulatan Indonesia dan memberikan rasa aman terhadap masyarakat. Apalagi TNI kini memasuki usia ke-76.

Persoalan sekaligus tantangan pertama yakni, keamanan regional di Laut Cina Selatan (LCS). Posisi Indonesia yang berdekatan titik rawan konflik LCS sangat rentan terdampak.

Terlebih lagi di LCS, Amerika Serikat dan Cina sama-sama unjuk kekuatan.

"Jika ini terjadi, dampak secara ekonomi akan sangat berat bagi negara-negara di sekitarnya [...] Mau tidak mau Indonesia juga harus mengembangkan kemampuan militer ke level yang lebih tinggi agar punya posisi lebih kuat dalam skala regional," ujar Sukamta dalam keterangan tertulis, Selasa (5/10/2021).

Selain itu menurutnya TNI juga perlu meningkatkan kemampuan anggota Babinsa, supaya mampu meredam gerakan ekstrimisme yang mulai menggunakan sentimen agama dan sentimen politik. Sentimen-sentimen tersebut membikin masyarTNIakat terpecah belah di Papua.

Ia berharap Babinsa bisa berperan memberikan edukasi bela negara kepada masyarakat.

Persoalan terakhir dan kekinian ialah perang siber. Sukamta juga meminta TNI untuk memperkuat keamanan siber, mengingat model perang tak melulu soal angkat senjata.

"Dengan kiprah TNI yang besar, wajar jika dalam banyak survei, respons positif masyarakat terhadap TNI selalu tinggi. Modal kepercayaan masyarakat yang besar ini perlu direspon TNI dengan terus meningkatkan profesionalitasnya," tukas Sukamta.


Baca juga artikel terkait TNI atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Politik)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Zakki Amali

DarkLight