HUT Pramuka 2019: Sejarah, Makna Nama Regu, Hingga Yel-Yel Pramuka

Oleh: Yonada Nancy - 14 Agustus 2019
Dibaca Normal 2 menit
Daftar nama regu pramuka beserta maknanya
tirto.id - Kegiatan pramuka telah menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler wajib bagi sekolah-sekolah di Indonesia. Dilansir Scout, pramuka (singkatan dari Praja Muda Karana) adalah sebuah organisasi yang merupakan wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia.

Di Indonesia, setiap tanggal 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka atau yang sebelumnya dikenal sebagai gerakan Kepanduan. Gerakan ini juga terdapat di berbagai negara di dunia dan memiliki sejarah panjang. Sebutan internasional untuk gerakan Kepanduan adalah Scouting atau Scout Movement.

Gerakan ini dicetuskan oleh Robert Baden-Powell, seorang anggota angkatan darat di Inggris. Antara tahun 1906-1907, ia menulis buku Scouting for Boys. Intinya, buku ini merupakan panduan bagi remaja untuk melatih keterampilan dan ketangkasan, cara bertahan hidup, hingga pengembangan dasar-dasar moral.

Istilah Pramuka dicetuskan oleh Sri Sultan Hamengkubuwana IX, terinspirasi dari kata Poromuko yang berarti pasukan terdepan dalam perang. Namun, kata Pramuka diejawantahkan menjadi Praja Muda Karana yang berarti “Jiwa Muda yang Gemar Berkarya”.


Dalam pramuka, siswa dan siswi akan diajarkan berbagai keterampilan yang membutuhkan kerja sama tim. Dalam sistem kegiatan pramuka yang ada di Indonesia, siswa dan siswi akan dibagi dalam sebuah regu yang berbeda antara laki-laki dan perempuan.

Regu merupakan satuan terkecil dalam pramuka Penggalang. Dalam regu ada beberapa hal yang harus di tetapkan, yakni pembagian tugas, pembuatan nama, hingga pembuatan yel-yel regu. Saat regu telah dibentuk, para anggotanya akan memilih salah satu orang untuk menjadi ketua regu. Seorang ketua regu akan bertanggung jawab atas regunya selama masa kegiatan pramuka.

Setelah itu anggota regu akan memilih nama regu. Seperti yang dilansir dari Pramuka Update, regu putra bisa menamai regunya dengan nama-nama binatang, sementara regu putri bisa menamai regunya sesuai dengan nama-nama bunga.

Ada beberapa nama-nama regu yang sering digunakan oleh siswa dan siswi pada kegiatan pramuka di sekolahnya. Berikut beberapa daftar nama regu pramuka beserta maknanya yang berhasil dihimpun dari Tirto.

Nama regu laki-laki beserta artinya:

· Harimau : kekuatan, kekuasaan, keinginan kuat, agresif, keteguhan.
· Kuda : kekuatan, kesetiaan, keseimbangan, keinginan kuat
· Singa : bijaksana, pemimpin, ketegasan kekuatan, agresif
· Kobra : cerdik, agresif, kekuatan, spritual
· Elang : kreatif, kekuatan, keberanian, insting yang baik
· Serigala : kecerdasan, insting yang baik, sosial dan kerjasama
· Merak : kedamaian, keberuntungan, lemah lembut, kebijaksanaan
· Beruang : Kekuatan, kepercayaan diri, contoh bagi sesama
· Rusa : ramah, sopan, lincah, lemah lembut, sensitif, insting yang baik
· Kelelawar: petualang, insting yang baik, komunikasi, cakap, visioner

Regu perempuan beserta artinya:

· Lily : kesopanan, keindahan, semangat, keriangan, kesucian,
· Teratai : kecerdasan, kekuatan, bijaksana, keindahan
· Sakura : masa muda, keberanian, sorotan, kebersamaan
· Matahari : dedikasi, cinta, keceriaan, kepatuhan
· Mawar : keindahan, ketegasan, cinta, kehormatan, lemah lembut
· Tulip : kepopuleran, cinta, keindahan, kesetiaan
· Dahlia : kesabaran, keanggunan, cinta, kesetiaan
· Krisan/Seruni : optimis, keceriaan, umur panjang, kesetiaan
· Anggrek : kemurnian, perbaikan, perhatian, pesona
· Melati : keberuntungan, kemurnian, keindahan

Setelah menetapkan nama dan identitas regu, para anggota dengan dipimpin oleh ketua lalu membuat yel-yel. Pemilihan yel-yel biasanya menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi para anggota regu di mana mereka bisa berkreasi dalam membuat sorakan terbaik. Beberapa orang juga bisa mengubah lirik dari sebuah lagu favoritnya agar sesuai dengan identitas regunya.


Baca juga artikel terkait PRAMUKA atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight