HUT ke-74 RI: BUMN Gelar Upacara di Benteng Otanaha Gorontalo

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 17 Agustus 2019
Tujuan sejumlah BUMN menggelar upacara HUT ke-74 RI di Otanaha, Gorontala untuk mengenang bekas tempat perlindungan para pahlawan untuk meraih kemerdekaan.
tirto.id - Pelaksanaan upacara Hari Ulang Ulang (HUT) ke-74 kemerdekaan Republik Indonesia sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diadakan di objek wisata bersejarah Benteng Otanaha, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Sabtu (17/8/2019).

"Kami memilih Benteng Otanaha sebagai tempat pelaksanaan upacara karena ini sangat berkaitan dengan faktor sejarah," kata Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Hambra Samala di Gorontalo, Sabtu (17/8/2019) seperti dilansir Antara.

Hambra mengaku, dirinya bangga karena upacara tersebut dilakukan di Benteng Otanaha.

Selain itu, kata dia, acara ini juga memiliki tujuan agar jasa dari para pahlawan dapat dimaknai dengan baik saat melaksanakan upacara di bekas tempat perlindungan mereka dulu untuk meraih kemerdekaan.

"Bersyukur upacara kali ini berlangsung sangat hikmat, baik teman-teman pelaksana upacara, kemudian pendukung, hingga peserta upacara juga dapat menjalankan tugasnya dengan sangat baik," ujarnya.

Salah satu rangkaian program tahunan bagi Badan Usaha Milik Negara adalah pelaksanaaan upacara HUT Proklamasi RI yang bertemakan BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN), dan saat ini, program tersebut sudah memasuki tahun kelima.

"Kita memang membuat upacara ini menjadi unik atau berbeda dari biasanya, yaitu dilaksanakan di daerah yang jauh dari pusat kota agar masyarakat yang ada di sekitar lokasi juga bisa melihat dan merasakan seperti apa program BHUN salah satunya melalui upacara tersebut," tuturnya.

Ia juga mengatakan bahwa pada hari yang sama upacara HUT Proklamasi RI juga dilaksanakan oleh BUMN yang tersebar di seluruh Indonesia pada 34 Provinsi.


Baca juga artikel terkait HUT KEMERDEKAAN RI atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Abdul Aziz
DarkLight