HUT ke-73 TNI: Presiden Jadi Inspektur Upacara di Cilangkap

Oleh: Maria Ulfa - 5 Oktober 2018
Dibaca Normal 1 menit
Tema yang diangkat dalam Peringatan HUT Ke-73 TNI Tahun 2018 ini adalah “Profesionalisme TNI Untuk Rakyat.”
tirto.id - Presiden Joko Widodo memimpin Upacara Peringatan Ke-73 Hari TNI Tahun 2018 di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur pada Jumat (5/10/2018). Presiden tiba di Plaza Mabes TNI sekitar pukul 08.30 WIB.

Pada kesempatan tersebut, Presiden mengenakan setelah jas warna biru gelap dan didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang mengenakan kebaya warna ungu.

Kedatangan Presiden disambut oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Thajanto didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Tema yang diangkat dalam Peringatan HUT Ke-73 TNI Tahun 2018 ini adalah “Profesionalisme TNI Untuk Rakyat.”

Makna yang terkandung dalam tema tersebut adalah Prajurit TNI yang mahir berbasis kompetensi, prajurit TNI yang harus kuat, andal dan semua tugas serta kewajibannya didharma baktikan untuk rakyat yang senantiasa dipagari oleh doktrin Sapta Marga dan Sumpah Prajurit yang merupakan nafas bagi semua prajurit berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Kolonel Pnb Yoyon Kuscahyono yang menjabat sebagai Asops Kosekhanud II, sedangkan Pengucap Sapta Marga Perwira Pertama ialah Lettu Inf M Z Firmansyah dengan jabatan Dan Unit I/I/3 Yon 12 Grup I Kopasus dan sebagai cadangan Lettu Laut (S) Agung Yustian, Askadep Minlog KRI Sutanto 337 Satkor Koarmada 1, dan Lettu Pnb Dimas Aryan Nalendra jabatan sebagai Pa Pnb Gol. VIII Skuadron Udara 17 Lanud Halim Perdana Kusuma.


Dalam upacara juga diserahkan Tanda Kehormatan Republik Indonesia, yaitu Bintang Eka Paksi Nararya diberikan kepada Kolonel CPL Herry Keswanto, jabatan Komandan Pusdik Pal Kodiklat TNI AD.

Kemudian Bintang Jalasena Nararya diberikan kepada Kapten Mar Sunardi jabatan Kasi UDK Kima Brigif I Pasmar Jakarta, dan Bintang Swa Buana Paksa Nararya diberikan kepada Peltu Argo Budi Prasetyo jabatan Bintara adminku Progar spersau.

HUT ke-73 TNI tahun 2018 dilaksanakan dengan konsep yang sederhana dan serentak di seluruh kotama Ops yang tergelar di Indonesia.

Untuk beberapa daerah lainnya, ada Kasad Jenderal TNI Mulyono yang bertindak sebagai Inspektur Upacara di titik terdepan sisi Timur Indonesia, Pangdam Iskandar Muda bertindak sebagai Inspektur Upacara di titik terdepan sisi Barat Indonesia, Danrem 131/Stg bertindak sebagai Inspektur Upacara di Pulau Miangas sebagai titik terdepan sisi Utara Indonesia, dan Danrem 161/WS bertindak sebagai Inspektur Upacara di Pulau Rote sebagai titik terdepan sisi Selatan Indonesia.


Baca juga artikel terkait HUT TNI atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: antara
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight