HUT DKI Jakarta: Sejarah dan Rangkaian Acara Perayaan Hari ini

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 22 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Apa saja rangkaian acara perayaan HUT DKI Jakarta hari ini?
tirto.id - Ibu kota DKI Jakarta tepat berusia 493 tahun pada hari ini, Senin 22 Juni 2020. Tanggal 22 Juni merujuk pada hari ketika pasukan gabungan Demak-Cirebon yang dipimpin oleh Fatahillah berhasil mengusir Portugis dari Sunda Kelapa di tahun 1527. Sejak saat itu, nama Sunda Kelapa diubah menjadi Jayakarta.

Sementara itu, ditetapkannya tanggal 22 Juni 1527 sebagai hari lahir Jakarta sendiri digagas oleh Wali Kota Jakarta tahun 1953-1958, Sudiro. Ia menetapkan tanggal tersebut berdasarkan hasil penelitian tiga orang ahli yakni Mohammad Yamin, Dr. Sukanto, dan Sudarjo Tjokrosiswoyo dalam naskah berjudul “Dari Jayakarta ke Jakarta”.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, perayaan hari ulang tahun DKI Jakarta kali ini tidak dapat dirayakan dengan karnaval atau pun festival. Pasalnya, pandemi virus COVID-19 masih mengancam.

Perayaan hari ulang tahun tersebut pun dilakukan secara virtual dan diharapkan akan memberikan pengalaman baru bagi masyarakat untuk memanfaatkan teknologi secara maksimal.

“Mudah-mudahan ini memberikan pengalaman baru bagi masyarakt bahwa memanfaatkan teknologi secara optimal untuk kegiatan interaksi sosial, ekonomi budaya, termasuk pengalaman tur kota menggunakan metode virtual,” ungkap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota Jakarta, Senin (22/6/2020) dilansir Antara.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memilih tema perayaan Jakarta Tangguh. Tema ini menunjukkan Jakarta sebagai kota yang tangguh dalam menghadapi pandemi COVID-19. Penambahan kasus virus corona di Jakarta sendiri masih tertinggi di antara kota-kota lain yakni sebesar 127 menjadi 9.830 kasus pada Minggu (21/6/2020) kemarin.

Anies menuturkan saat ini masyarakat Jakarta harus bersatu termasuk para tenaga medis, guru, petugas keamanan, pekerja, tokoh agama, dan seluruh lapisan masyarakat untuk terus memberikan pemahaman kepada masyarakat luas terkait kondisi saat ini.


Rangkaian Acara Perayaan HUT DKI Jakarta

Meski dirayakan secara virtual, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah berkolaborasi dengan masyarakat dan para artis untuk bersama merayakan HUT DKI Jakarta yang ke 493 ini. Perayaan tersebut dihelat selama satu minggu penuh yakni hingga 28 Juni 2020. Beberapa rangkaian acara tersebut adalah konser virtual, tur virtual, hingga amal untuk para seniman Betawi.


Untuk menyaksikan rangkaian acara tersebut, masyarakat dapat mengaksesnya melalui kanal Youtube Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jakarta Tourism, dan Betawi Bangkit.

Seperti petang nanti, akan dihelat konser amal secara virtual bertajuk ‘#dirumahaje Konser Virtual Amal’. Acara tersebut disiarkan langsung dari UPK PBB Situ Babakan dan dapat disaksikan melalui Instagram Pemprov DKI Jakarta, atau melalui kanal Youtube Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jakarta Tourism, HOT FM 93,2 FM, dan Betawi Bangkit.

Para seniman yang akan tampil antara lain David Nurbianto, Kojek Rap Betawi, Bedu, Lantun Orchestra, Gambang Kromong, dan artis Paski DKI Jakarta.

Sebelum acara tersebut, masyarakat juga dapat menikmati tur virtual berbegai tempat di DKI Jakarta. Berikut rangkaian acara HUT DKI Jakarta ke-493 hari ini di Berita Jakarta TV melansir Instagram Pemprov DKI Jakarta:
  • Edukasi Dongeng dan Komik: 13.00 – 13.30 WIB
  • Tiktok Topeng Betawi: 13.30 – 14.00 WIB
  • Pensi 13 BandSMAJakarta: 14.00 – 14.30 WIB
  • Petantang-Petenteng Edisi Ulang Tahun: 14.30 – 15.00 WIB
  • Jakarta Virtual Tour Air Mancur Menari: 15.00 – 15.30 WIB
  • Jakarta Virtual Tour Museum M.H. Thamrin: 15.30 – 16.00 WIB
  • Jakarta Virtual Tour Ancol – Seaworld: 16.30 – 17.00 WIB
  • Video Drone – Ketinggian dari Langit Jakarta: 17.00 – 18.00 WIB.

Baca juga artikel terkait HUT JAKARTA atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight