Huddersfield Tim Pertama Degradasi dari Liga Inggris Musim Ini

Oleh: Permadi Suntama - 31 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Huddersfield Town menjadi tim pertama yang terdegradasi dari Premier League ke Divisi Championsip musim 2018/2019.
tirto.id - Huddersfield Town menjadi tim pertama yang terdegradasi dari Premier League ke Divisi Championsip musim ini. Hal tersebut dipastikan usai mereka tumbang 2-0 dari tuan rumah Crystal Palace, pada Sabtu (30/3/2019). The Terriers hanya memperoleh 14 poin dari 32 laga yang sudah mereka jalani, dengan 3 kemenangan, 5 kali imbang, dan 24 kali tumbang.

Dengan Premier League tinggal menyisakan 6 pertandingan lagi, perolehan poin maksimal yang akan diperoleh Christopher Schindler dan kolega adalah 32 poin. Jumlah poin tersebut tidak dapat mengungguli Burnley (33 poin), yang berada di peringkat ke-17, atau batas aman untuk bertahan di Premier League.

Juru taktik Huddersfield Jan Siewert mengaku bangga dengan kerja keras yang ditunjukkan oleh anak asuhnya. Namun ia juga merasa kecewa, karena gagal untuk setidaknya memerpanjang perjuangan mereka untuk bertahan di Premier Leaague hingga pekan depan.

"Kami [memiliki kemampuan] setara dengan Palace untuk sebagian besar pertandingan [hari Sabtu], tetapi pemain berkualitas seperti Wilfried Zaha [berhasil] membuat perbedaan," kata Siewert dikutip Guardian.

“Sangat penting untuk melewati semua detail terlebih dahulu. Saya bersedia bekerja sekeras yang kami bisa agar kami bisa kembali ke Premier League [musim depan] - saya tahu semua orang di klub menikmati [cara bermain kami], jadi kami ingin kembali [ke Premier League] sesegera mungkin," tambah sang pelatih.



Hasil ini pun membuat Huddersfield menjadi tim ke-2 dalam sejarah Premier League yang terdegradasi sebelum bulan April. Mereka menyamai rekor Derby County pada musim 2007/2008. Namun, Huddersfield sedikit lebih baik karena memiliki poin 14, dan masih berpotensi untuk bertambah. Sementara Derby County, hanya memperoleh 11 poin dari 38 pertandingan.

Setelah pertandingan, kapten tim Christopher Schindler, mengaku pertandingan kontra Palace adalah laga yang sulit, sehingga membutuhkan keajaiban untuk memenanginya. Setelah tumbang, 2-0 di akhir laga, pemain berkebangsaan Jerman itu mengaku akan berkonsentrasi untuk menyelesaikan musim sebaik mungkin, untuk memberi hiburan kepada pendukung mereka.

"Kami tahu itu [melawan Crystal Palace] akan sulit dan kami membutuhkan keajaiban [untuk menang]. Musim ini kami menghabiskan begitu banyak energi. Jika kami melihat musim secara retrospektif di depan dan belakang, kami tidak cukup baik untuk tetap berada di liga terbaik di dunia [Premier League]. Kami mendapat tugas untuk mengakhiri musim dengan cara yang baik," kata Schindler.

Setelah Huddersfield resmi terdegradasi, kini masih ada dua tiket sisa ke Divisi Championship. Saat ini, ada Cardiff City yang ada di urutan ke-18 dengan 28 poin, dan Fulham di posisi ke-19 dengan 17 poin. Namun, mereka masih berpeluang tetap di Premier League.

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Permadi Suntama