Helikopter Jatuh di Sulawesi Tengah, Satu Orang Tewas

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 20 April 2018
Korban tewas merupakan karyawan yang sedang berada di sekitar lokasi kejadian.
tirto.id - Helikopter milik PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) jatuh di Desa Fatufia, Bahodopi, Morowali, Sulawesi Tengah pada Jumat (20/4/2018) sekitar pukul 09.25 WITA.

Berdasarkan rilis Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, helikopter tersebut ditumpangi 6 orang, 1 pilot dan 1 co-pilot. Ketujuh orang tersebut selamat, namun luka-luka.

“Tidak ada korban jiwa. Semua penumpang selamat, pilot luka ringan,” demikian keterangan yang diterima Tirto, Jumat (20/4/2018).

Namun, satu orang karyawan yang berada di sekitar lokasi, tewas karena tertimpa baling-baling helikopter.

Hal tersebut disampaikan Kabid Humas Polda Sulteng, AKBP Hery Murwono ketika dikonfirmasi Tirto pada Jumat (20/4/2018). Ia menyatakan, karyawan tersebut tewas di tempat karena luka parah.

“Saat helikopter jatuh, baling-baling helikopter menimpa seorang karyawan yang melintas, mengakibatkan yang bersangkutan meninggal di tempat dengan luka pada bagian punggung, serta kaki kanan terputus,” kata Hery.


Menurut Hery, helikopter yang dikendarai Kapten Rudi itu terjatuh saat sedang melakukan peninjauan kompleks.

“Saat helikopter akan melakukan pendaratan di landasan helipad PT IMIP, tiba-tiba terjadi gangguan mesin sehingga helikopter jatuh di dekat pos 2 PT IMIP,” katanya.

Helikopter jenis chopper tersebut terjatuh setelah berada di udara selama 7 menit. Lima penumpang yang berada di helikopter, seluruhnya luka ringan, sedangkan pilot dan co-pilot luka berat. Korban luka dibawa ke klinik perusahaan PT IMIP untuk menjalani perawatan.


Baca juga artikel terkait KECELAKAAN HELIKOPTER atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight