Premier League Liga Inggris

Hasil West Ham vs Manchester City Skor 0-5: Sterling Hattrick!

Oleh: Wan Faizal - 10 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil pertandingan Premier League antara West Ham vs Manchester City dimenangkan tim tamu dengan skor telak berkat hattrick Raheem Sterling.
tirto.id - Raheem Sterling mencetak hattrick dalam kemenangan 0-5 yang diraih Manchester City atas West Ham United di London Stadium, Sabtu (10/8/2019). Hasil pertandingan antara West Ham vs Manchester City di pekan pertama Liga Inggris Premier League menjadi milik sang juara bertahan dengan skor telak.

Kemenangan ini hampir dipastikan menempatkan skuad asuhan Joseph Guardiola memuncaki klasemen sementara, kecuali jika ada tim lain yang bisa menang dengan skor lebih besar di sisa pekan pertama ini.

City nyaris kena penalti saat laga baru berjalan 8 menit. Manuel Lanzini itu terjatuh di kotak terlarang setelah terlibat kontak dengan gelandang baru The Citizen, Rodri. Wasit Mike Dean harus melihat VAR untuk memastikan apa yang terjadi sebelum memutuskan bahwa tidak ada pelanggaran dalam situasi itu.

Dua menit kemudian, tim tamu melancarkan serangan berbahaya yang pertama. Sebuah aksi dilakukan Riyad Mahrez dan diakhiri dengan tendangan ke gawang West Ham. Beruntung, tuan rumah masih selamat karena Lukasz Fabianski bisa menepis bola.

Usaha yang dilakukan skuad asuhan Pep Guardiola akhirnya berbuah manis di menit 25. Kyle Walker mampu mendahului Aaron Cresswell di sisi kanan dan melepaskan umpan ke kotak penalti. Di sana sudah menunggu Gabriel Jesus yang dengan mudah menyambar bola untuk memberikan keunggulan bagi City.

Sebagai tuan rumah, West Ham tentu tak mau dipermalukan di laga perdana. Serangan balasan dilakukan di menit 36 namun sepakan Sebastian Haller masih mudah diamankan Ederson. Tak lama kemudian, The Citizen membalas lewat sepakan keras Kevin De Bruyne. Fabianski sekali lagi bisa menyelamatkan gawangnya.

Usai menuntaskan babak pertama dengan skor 0-1, City mencetak gol kedua beberapa saat setelah babak kedua dimulai. Umpan Kevin De Bruyne mampu diselesaikan dengan manis oleh Raheem Sterling. Skor 0-2.


Beberapa menit kemudian, ada gol lagi dari City melalui kerja sama David Silva dan Sterling yang diselesaikan Gabriel Jesus. Namun setelah melihat VAR, wasit urung mengesahkan gol tersebut karena Sterling terlihat sudah terjebak offside ketika Silva melepas umpan.

Tertinggal dua gol membuat Manuel Pellegrini harus bereaksi. Ia lantas memainkan Robert Snodgrass dan disusul Javier Hernandez. Hernandez langsung mendapatkan peluang bagus di menit 74 ketika sontekan jarak dekatnya bisa ditepis oleh Ederson. Bola rebound yang diteruskan Lanzini juga sukses dimentahkan sang kiper untuk menjaga keunggulan City.

Sial bagi West Ham, di menit 76 gawang mereka harus bobol untuk kali ketiga. Lagi, Sterling menjadi aktornya setelah ia menyelesaikan umpan yang dilepaskan oleh Mahrez. Wasit kembali sempat melibatkan VAR namun kali ini Sterling sama sekali tidak terperangkap offside sehingga City sukses mencetak gol ketiganya.

Menit-menit berikutnya menjadi semakin buruk bagi West Ham. Pelanggaran Issa Diop pada Mahrez memberikan hadiah penalti bagi City di menit 86.

Sergio Aguero sempat gagal mengeksekusi penalti karena bola ditepis Fabianski. Namun, penalti harus diulang karena Declan Rice bergerak terlebih dulu sebelum bola disepak Aguero. Dan di kesempatan kedua, bomber Argentina ini sukses. Skor 0-4.

City menutup pesta pora di markas lawan pada menit 91. Sterling mencetak hattrick setelah meneruskan umpan Mahrez. Skor akhir 0-5 untuk tim tamu. West Ham pun harus menelan pil pahit di laga pembuka Premier League musim ini.

Pencetak Gol: ­Gabriel 25’, Sterling 51’, 76’, 91’, Aguero 86’-pen

Susunan Pemain:

West Ham: Lukasz Fabianski; Ryan Fredericks, Fabian Balbuena, Issa Diop, Aaron Cresswell; Declan Rice, Jack Wilshere (Robert Snodgrass 57’); Manuel Lanzini, Felipe Anderson (Javier Hernandez 66’), Michail Antonio (Pablo Fornals 46’); Sebastian Haller

Man City: Ederson; Kyle Walker, John Stones, Aymeric Laporte, Oleksandr Zinchenko; Rodri, David Silva (Phil Foden 80’), Kevin De Bruyne (Ilkay Gundogan 79’); Riyad Mahrez, Raheem Sterling, Gabriel Jesus (Sergio Aguero 69’)

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS 2019 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Wan Faizal
Editor: Iswara N Raditya
Kontributor: Wan Faizal
DarkLight