Kualifikasi Piala Asia U-23

Hasil Vietnam vs Thailand, Tuan Rumah Juara Grup & Lolos Piala Asia

Oleh: Beni Jo - 26 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil 4-0 saat melawan Thailand pada Selasa (26/3/2019) mengantarkan Vietnam lolos putaran final Piala Asia 2020 dengan status juara Grup K.
tirto.id - Pertandingan pamungkas antara Vetnam vs Thailand di kualifikasi Grup K Piala Asia U-23 2020 yang digelar Selasa (26/3/2019) di Stadion My Dinh berakhir dengan kemenangan tuan rumah melalui skor akhir 4-0. Hasil ini turut mengantarkan Vietnam menuju putaran final Piala Asia U-23.

Raihan ini sekaligus membuat Vietnam menjadi pemuncak klasemen akhir Grup K dengan hasil sembilan poin pada turnamen yang akan digelar di Thailand itu. Total, tuan rumah mencetak 11 gol. Dari tiga laga yang dilalui selama babak kualifikasi, mereka berhasil selalu clean sheet alias tanpa kebobolan.

Sementara bagi Thailand, kekalahan ini menempatkannya pada posisi runner up klasemen akhir dengan koleksi enam poin dari dua kali kemenangan. 12 gol sudah dikoleksi oleh S. Supachok dan kolega serta kebobolan empat kali.

Meskipun berada pada peringkat kedua, tim negeri Gajah Putih tetap memastikan diri otomatis lolos putaran final karena status tuan rumah pada ajang tahun 2020 itu.

Sementara peringkat ketiga pada grup ini dihuni oleh Indonesia yang baru saja meraih kemenangan perdana dengan skor 2-1 atas Brunei Darussalam.

Kini, skuat asuhan Indra Sjafri itu mengumpulkan tiga angka dari satu kali menang. Sedangkan Brunei harus puas sebagai juru kunci dengan tanpa meraih poin, karena menelan tiga kekalahan dari tiga penampilan.

Pada laga Vetnam vs Thailand sendiri, tuan rumah unggul sudah 1-0 saat babak pertama. Tim asuhan Park Hang-seo mampu membobol gawang lawan pada menit ke 17 lewat lesakan Ha Duc Chinh. Hasil ini sekaligus menutup paruh pertama dengan keunggulan Vietnam.

Memasuki babak kedua, Vietnam semakin memperlebar skor menjadi 2-0 setelah Nguyen Hoang Duc menceploskan bola ke gawang Thailand yang dikawal oleh M. Nont tepat pada menit ke 53.

Ketinggalan dua gol, satu pemain Thailand Supachai Jaided justru harus diusir keluar oleh wasit akibat mendapatkan kartu merah tepat pada menit ke 57. Sebelumnya, dia terlibat perselisihan dengan bek Vietnam.

Penampilan Vietnam pun semakin menggila setelah mencetak gol ketiga. Kali ini Nguyen Quang Chung menjebol gawang tim Negerri Gajah Putih pada menit ke 63. Skor menjadi 3-0. Pada masa injury time pun, tuan rumah mencetak gol lagi melalui Tran Thanh Son hingga keadaan menjadi 4-0.

Hingga babak kedua berakhir, tidak tercipta gol tambahan dari kedua tim. Wasit pun meniup panjang peluitnya tanda berakhirnya laga dengan kedudukan 4-0 untuk kemenangan Vietnam atas Thailand.




Pencetak gol: Ha Duc Chinh '17, Nguyen Hoang Duc '53, Nguyen Quang Chung '63, Tran Thanh Son '93 (Vietnam)

Daftar Susunan Pemain


Vietnam (3-4-3): Bui Tien Dung; Nguyen Thanh Chung, Tran Dinh Trong, Huynh Tan Sinh; Doan Van Hau, Trieu Viet Hung, Truong Van Thai Quy, Ho Tan Tai; Nguyen Hoang Duc, Ha Duc Chinh, Nguyen Quang Hai

Thailand (3-2-3-2): M. Nont; P. Saringkarin, L. Shinnaphat, K. Kritsada; T. Kannarin, I. Wirasut; S. Sakunchai, K. Worachit, W. Jakkit; C. Supachai, S. Supachok

Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI PIALA ASIA U-23 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus