Hasil Vietnam vs Malaysia di Grup A Piala AFF 2018 Skor Akhir 2-0

Oleh: Fitra Firdaus - 16 November 2018
Dibaca Normal 1 menit
Skor akhir 2-0 menjadi hasil Vietnam vs Malaysia di Piala AFF 2018 Grup A pada Jumat (16/11) berkat gol Nguyen Cong Phuong dan Nguyen Anh Duc.
tirto.id - Gol Nguyen Cong Phuong dan Nguyen Anh Duc menjadi penentu hasil Vietnam vs Malaysia di Piala AFF 2018 yang ditutup dengan skor akhir 2-0. Tuan rumah memetik kemenangan dalam laga di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi pada Jumat (16/11/2018).

Vietnam melanjutkan rekor kemenangan mereka di AFF Suzuki Cup 2018. Tampil di laga kedua mereka, tim asuhan Park Hang-Seo menaklukkan Malaysia yang sempat memukul Laos dan Kamboja. Tuan rumah sendiri memang tampil impresif dalam 90 menit, dan berhak untuk total memiliki 6 angka.

Sepanjang babak pertama, Vietnam yang mengutamakan serangan balik, rela kehilangan penguasaan bola dibandingkan tim tamu. Namun, peluang demi peluang mereka lebih mengancam daripada Harimau Malaya yang tampak kurang kreasi.

Menit ke-11 gawang Khairul Fahmi dikoyak oleh Nguyen Con Phoung dengan tembakan kaki kanan. Pemain yang sama nyaris saja menambah koleksi golnya pada menit ke-40 sebelum dihentikan dua pemain tim tamu.

Malaysia yang tertinggal lantas melakukan pergantian pemain. Safawi Rasid dan Ahmad Hazwan disuntikkan ke lapangan ketika lga berjalan sekitar satu jam. Namun, justru Vietnam yang bisa mencetak gol pada menit ke-60.

Kali ini giliran Nguyen Ahn Duc yang melakukannya. Ia menuntaskan umpan Phan Van Duc untuk membuat jarak semakin jauh. Tuan rumah terbukti ampuh dalam mengurus peluang. Dengan gol itu, dua dari tiga tembakan tepat sasaran mereka, bisa diselesaikan dengan sempurna.

Malaysia yang memiliki sisa 30 menit untuk membalas kedudukan, tidak dapat berbuat banyak. Mereka harus menelan kekalahan pertama di Piala AFF 2018, sekaligus dalam posisi terancam. Pasalnya, dalam laga terakhir Harimau Malaya akan berhadapan dengan Myanmar pada Sabtu (24/11).

Sebaliknya, Vietnam masih menyisakan dua laga lagi kontra Myanmar pada Selasa (20/11) dan Kamboja pada Sabtu (24/11).





Pencetak Gol: Nguyen Cong Phuong 11, Nguyen Anh Duc 60 (Vietnam)

Vietnam (4-2-3-1): Dang Van Lam; Nguyen Trong Hoang, Do Duy Manh, Tran Dinh Trong, Que Ngoc Hai, Doan Van Hau; Luong Xuan Truong (Pham Duc Huy 86), Nguyen Quang Hai, Phan Van Duc (Do Hung Dung 73), Nguyen Cong Phuong (Nguyen Van Quyet 74); Nguyen Anh Duc

Malaysia (4-4-2): Khairul Fahmi; Syahmi bin Safari, Mohd Aidil Zafuan, Shahrul bin Mohd Saad, Syazwan Andik Ishak; Mohamadou Sumareh (Safawi Rasid 58), Muhammad Akram, Mohamed Syamer (Syafiq Ahmad 72), Muhammad Akhyar; Muhammad Shahrel Fikri (Ahmad Hazwan 62), Norshahrul Idlan

Baca juga artikel terkait PIALA AFF 2018 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus