Liga Champions

Hasil Tottenham vs RB Leipzig Skor 0-1: Berat ke Perempat Final UCL

Oleh: Fitra Firdaus - 20 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Tottenham vs RB Leipzig skor 0-1 lewat gol penalti Timo Werner membuat Spurs kalah di leg pertama 16 besar Liga Champions. Julian Nagelsmann pecah rekor pelatih termuda di babak knock-out UCL.
tirto.id - Hasil pertandingan Tottenham vs RB Leipzig berakhir dengan skor 0-1 lewat gol penalti Timo Werner. Pasukan Jose Mourinho harus kalah dari tim asuhan Julian Nagelsmann dalam leg pertama 16 besar Liga Champions pada Kamis (20/2/2020) di Stadion Tottenham Hotspur.

Bermain tanpa dua penyerang utama --Son Heung-Min dan Harry Kane yang sama-sama cedera--, Tottenham yang menggunakan pola 4-4-2 tampil tidak meyakinkan kontra RB Leipzig. Tuan rumah tidak hanya kalah dalam penguasaan bola dari tamu mereka, yaitu 43,6 persen berbanding 56,4 persen. Tetapi juga kalah dalam jumlah tembakan (12 berbanding 16).

Jose Mourinho berupaya menutupi masalah cedera pemainnya dengan duet Lucas Moura-Dele Alli di lini depan. Namun, RB Leipzig yang punya inisiatif mennyerang sejak awal. Tembakan Angelino dan aksi Werner pada menit pertama, butuh reaksi brilian kiper Spurs, Hugo Lloris.

Leipzig yang memakai formasi 3-4-3 sepanjang pertandingan, dapat mengendalikan situasi. 12 tembakan yang dilepaskan wakil Jerman di babak pertama adalah yang terbanyak yang pernah mereka lakukan di Liga Champions. Namun, mereka juga dibuat untuk menunggu gol pertama dan satu-satunya di laga ini.

Menit ke-56, terjadi pelanggaran Ben Davies terhadap Konrad Laimer di kotak terlarang Tottenham. Timo Werner yang menjadi eksekutor sukses menunaikan tugasnya dengan baik, sekaligus membuat golnya di UCL musim ini bertambah jadi 4.

Ketika timnya dalam posisi tertinggal, Mourinho bereaksi dengan memasang Tanguy NDombele dan Erik Lamela. Tetapi, mencari gol ke gawang Peter Gulacsi, kiper RB Leipzig, demikian sulit. Tottenham dibuat terus mengering, hanya memberi ancaman dari tendangan bebas Giovani Lo Celso yang diblok Gulasci.

Sampai akhir pertandingan, Spurs tak bisa mengejar ketertinggalan. Skor 0-1 ini berat karena di leg kedua, RB Leipzig yang berstatus tuan rumah di Red Bull Arena. Untuk bisa lolos ke perempat final, Tottenham harus menang dengan skor 1-2 atau lebih.

Kekalahan Tottenham ini jadi catatan tersendiri bagi Jose Mourinho yang pada 26 Januari lalu merayakan ulang tahun ke-57-nya. Ia tumbang dalam laga ke-150 di Liga Champions, oleh Julian Nagelsmann yang pada hari ini baru berusia 32 tahun dan 211 hari. Nagelsmann adalah pelatih termuda di babak knock-out UCL, memecahkan rekor Domenico Tedesco dari Schalke (33 tahun 161 hari) musim lalu.



Pencetak Gol: Timo Werner 58 penalti

Tottenham Hotspur (4-4-2): Hugo Lloris, Serge Aurier, Toby Alderweireld, Davinson Sanchez, Ben Davies; Giovani Lo Celso, Harry Winks, Gedson Fernandes (Tanguy Ndombele 64), Steven Bergwijn, Lucas Moura, Dele Alli (Erik Lamela 64).

RB Leipzig (3-4-3): Peter Gulacsi; Lukas Klostermann, Ethan Ampadu, Marcel Halstenberg, Nordi Mukiele, Konrad Laimer (Emil Forsberg 83), Marcel Sabitzer, Angelino, Christopher Nkunku (Amadou Haidara 74), Timo Werner, Patrik Schick (YoussefPoulsen 77).

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight