Timnas Indonesia U-23

Hasil Timnas U23 vs PS TIRA Persikabo Laga Uji Coba Skor Akhir 2-0

Oleh: Iswara N Raditya - 5 Maret 2021
Dibaca Normal 2 menit
Hasil laga uji coba Timnas U23 vs PS TIRA Persikabo di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (5/3/2021) malam ini tuntas dengan skor 2-0.
tirto.id - Hasil laga uji coba Timnas U23 vs PS TIRA Persikabo yang dihelat di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (5/3/2021) malam ini tuntas dengan skor akhir 2-0. Dua gol kemenangan Timnas Indonesia U23 dilesakkan Kadek Agung di pengujung babak pertama dan M. Rafli pada awal babak kedua.

Ini merupakan laga pertama kedua tim sejak Indonesia mengalami pandemi COVID-19. Sempat tertunda, Polri akhirnya memberikan izin untuk digelarnya pertandingan antara Timnas Indonesia U23 vs PS TIRA Persikabo di Jakarta dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Di pertandingan ini, Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia U23 menerapkan formasi khasnya yakni 4-4-2. Di bawah mistar gawang ditempatkan Muhammad Riyandi. Empat bek di lini belakang dipercayakan kepada Rifad Marasabessy, Rachmat Irianto, Rizky Ridho, dan Pratama Arhan.

Barisan gelandang pasukan Garuda Muda terdapat nama-nama seperti Adam Alis, Hanif Sjahbandi, Kadek Agung, serta Feby Eka Putra. Sedangkan di sektor depan, Shin Tae-yong memberikan posisi kepada Kushedya Hari Yudo yang bertandem dengan Dendy Sulistyawan.


Jalannya Laga Timnas U23 vs TIRA Persikabo

Pertandingan babak 1 berjalan dengan ritme cepat. Kendati sempat digempur habis-habisan di awal laga oleh TIRA Persikabo, namun Timnas Indonesia U23 mampu bangkit dan meningkatkan performa permainan dengan lebih baik.

Peluang demi peluang yang tercipta dari kedua tim akhirnya menghasilkan hal positif untuk skuad Garuda Muda di ujung laga babak pertama. Pada masa injury time jelang turun minum, tendangan Kadek Agung dari luar kotak penalti menembus gawang TIRA Persikabo yang membuat skor 1-0 untuk Timnas Indonesia U23.

Pelatih Shin Tae-yong melakukan sejumlah pergantian di babak kedua. Hasilnya langsung terlihat. Baru beberapa menit laga paruh kedua berjalan, gawang TIRA Persikabo di bawah kawalan Syahrul Tisna sudah jebol lagi.

Pencetak gol kedua Timnas Indonesia U23 adalah M. Rafli yang baru masuk di permulaan babak kedua. Berawal dari pergerakan Kushedya Hari Yudo dari sisi kanan pertahanan TIRA Persikabo, umpan terukurnya mampu ditanduk dengan sempurna oleh Rafli. Skor berubah menjadi 2-0 untuk Timnas U23.


TIRA Persikabo tak lantas menyerah. Dimotori oleh Ronny Sugeng dari lini tengah, skuad besutan Igor Kriushenko mencoba memberikan perlawanan dengan meladeni permainan cepat Timnas U23. Alhasil, jual beli serangan pun terjadi dalam perjalanan babak kedua jelang menit ke-60.

Menit 66, Rizky Pellu yang juga masuk di babak kedua mendapatkan peluang emas setelah memanfaatkan kesalahan dari barisan belakang TIRA Persikabo. Sudah berhadapan dengan Syahrul Tisna, tendangan Rizky Pellu masih belum bisa menambah gol untuk Timnas Indonesia U23.

Shin Tae-yong menarik keluar Kushedya Hari Yudo memasuki menit ke-70, digantikan Braif Fatari. Pemain muda yang juga merupakan anggota skuad Timnas Indonesia U19 ini akan menopang aksi M. Rafli yang dipasang di sektor terdepan.

PS TIRA Persikabo punya peluang besar memperkecil skor pada menit 72. Ahmad Nufiandani melaju hingga ke depan gawang tim Garuda Muda diapit kawalan dua bek Timnas U23. Hanya saja, sepakannya masih bisa digagalkan oleh M. Riyandi.

Memasuki 10 menit terakhir, Adam Alis dan kawan-kawan masih lebih menguasai jalannya permainan kendati PS TIRA Persikabo terus berusaha membalas dengan melakukan pergantian pemain. Pelatih Igor Kriushenko memasukkan Gustur Cahyo untuk menggantikan Ahmad Nufiandani.

Namun, hingga wasit menyatakan pertandingan usai, tidak ada tambahan gol yang terjadi. Timnas Indonesia U23 memungkasi laga uji coba ini dengan kemenangan 2-0 atas TIRA Persikabo berkat gol Kadek Agung dan M. Rafli.

Susunan Pemain Kedua Tim

Timnas Indonesia U23 (4-4-2): M. Riyandi; Rifad Marasabessy, Rachmat Irianto, Rizky Ridho, Pratama Arhan; Adam Alis, Hanif Sjahbandi, Kadek Agung, Feby Eka Putra; Kushedya H. Yudo, Dendy Sulistyawan | Pelatih: Shin Tae-yong

PS TIRA Persikabo (4-3-3): Syahrul Trisna; Dava Ardhiansha, Didik Wahyuwijayance, Juliyanto Pratama, Abduh Lestaluhu; Guntur Triaji, Izmi Hatuwe, Roni Sugeng; Wawan Febrianto, Ahmad Nufiandani, Dimas Drajad | Pelatih: Igor Kriushenko

Baca juga artikel terkait HASIL TIMNAS U23 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight