SEA Games 2019

Hasil Timnas U23 Indonesia vs Thailand Skor 2-0: Garuda Muda Menang

Oleh: Beni Jo - 26 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Duel Timnas U23 Indonesia vs Thailand dalam pertandingan pembuka Grup B SEA Games 2019 yang digelar Selasa (26/11/2019) di Stadion Rizal Memorial Filipina berakhir dengan skor 2-0.
tirto.id - Duel Timnas U23 Indonesia vs Thailand dalam pertandingan pembuka Grup B SEA Games 2019 yang digelar Selasa (26/11/2019) di Stadion Rizal Memorial Filipina berakhir dengan skor 2-0. Gol kemenangan Garuda Muda dalam laga pertama ini dipersembahkan oleh Egy Maulana Vikri pada menit ke-4 dan sontekan Osvaldo Ardiles Haay di menit ke-86.

Tampil dalam laga perdana, Indonesia mampu unggul cepat pada menit ke-4. Berawal dari tendangan sudut, Evan Dimas mengirim umpan ke area penalti. Sempat terjadi kemelut, Egy Maulana Vikri melepaskan sontekan hingga berbuah gol. Garuda unggul 1-0 pada babak pertama.

Memasuki paruh kedua, pelatih Indra Sjafri menarik keluar Egy. Posisinya digantikan oleh Feby Eka Putra untuk memperdalam lini tengah Indonesia.

Thailand yang sudah tertinggal langsung menekan. Beberapa umpan yang dikirim mampu menusuk ke area penalti Indonesia. Namun, peluang yang didapat masih bisa digagalkan oleh barisan pertahanan pasukan Garuda Muda yang dikomandani oleh Bagas Adi Nugroho.

Skuad muda Gajah Putih terus melancarkan serangan. Melalui tendangan bebas yang dieksekusi oleh Kritsada Kaman, bola berhasil dikirim ke mulut gawang, namun belum membuahkan hasil positif.

Ancaman berikutnya datang dari Anon Amornlerdsak. Kembali dari tendangan bola mati, sang kapten tim melepaskan tembakan di dekat mistar gawang. Hasilnya masih melebar ke sisi kanan gawang kawalan Nadeo Arga Winata.

Indonesia sendiri memiliki peluang emas pada menit ke-55. Asnawi Mangkualam Bahar melakukan pergerakan dari sisi kanan. Berhasil memasuki area penalti, bola umpan yang dilepaskan oleh Asnawi belum mampu dimaksimalkan untuk melebarkan skor.

Menit ke-68, Thailand kembali mengancam dengan memanfaatkan tendangan bebas. Bola yang dieksekusi oleh Anon Amornlerdsak berhasil dikirim ke area penalti. Sempat jatuh di kaki pemain lawan, namun Nadeo Arga Winata berhasil menangkap bola.

Berselang satu menit kemudian, Nadeo juga kembali mampu menangkap bola hasil tembakan jarak jauh yang dilepaskan oleh pemain Thailand.


Feby Eka Putra sebenarnya sempat menciptakan peluang emas pada menit ke-83. Tembakannya dari sisi kanan pertahana lawan mengenai kaki kiper Thailand Nont Muangngam. Peluang melebarkan skor pun masih gagal.

Menit ke-86 Indonesia akhirnya sukses menambah gol. Dari serangan balik cepat, Osvaldo Ardiles Haay membobol gawang lawan memanfaatkan assist Saddil. Skor menjadi 2-0.

Hingga babak kedua berakhir, tidak tercipta gol tambahan. Wasit meniup panjang peluitnya tanda usainya laga dengan skor akhir 2-0 untuk kemenangan Indonesia dalam duel perdana ini.

Pencetak gol: Egy Maulana Vikri 4', Osvaldo Ardiles Haay 86' (Indonesia)

Daftar Susunan Pemain

Indonesia U23 (4-2-3-1): Nadeo Arga Winata; Andy Setyo Nugroho, Bagas Adi Nugroho, Firza Andika, Asnawi Mangkualam Bahar; Zulfiandi, Syahrian Abimanyu; Evan Dimas Darmono, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani; Muhammad Rafli.

Cadangan: Muhammad Riyandi, Dodi Alekvan Djin, Nurhidayat Haji Haris, Witan Sulaeman, Rachmat Irianto, Sani Rizki Fauzi, Irkham Zahrul Mila, Feby Eka Putra, Osvaldo Ardiles Haay

Thailand U23 (4-4-2): Nont Muangngam; Thitathorn Aksornsri, Shinnaphat Leeaoh, Sarayut Sompim, Saringkarn Promsupa; Anon Amornlerdsak, Jaroensak Wonggorn, Chatmongkol Thongkiri, Kritsada Kaman; Suphanat Mueanta, Supachai Jaided.

Cadangan: Korraphat Nareechan, Jaturapat Sattham, Chatchai Saengdao, Ratthanakorn Maikami, Wisarut Imaura, Worachit Kanitsribampen, Supachok Sarachat, Sittichok Paso

Baca juga artikel terkait SEA GAMES 2019 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight