Timnas Indonesia U-23

Hasil Timnas U23 Indonesia vs Australia 2021 Skor Akhir 2-3

Oleh: Iswara N Raditya - 26 Oktober 2021
Dibaca Normal 3 menit
Hasil Timnas U23 Indonesia vs Australia dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 Selasa (26/10/2021) skor 2-3, gol Witan Sulaeman dan Taufik Hidayat.
tirto.id - Skor akhir Timnas U23 Indonesia vs Australia dalam pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 Grup G malam ini, Selasa (26/10/2021), di Tajikistan diselesaikan dengan hasil 2-3. Dua gol balasan oleh Witan Sulaeman dan Taufik Hidayat belum mampu menghindarkan kekalahan Timnas Indonesia U23 dari Australia U23 di laga pertama Grup G Pra AFC Cup U-23 2022 ini.

Timnas Indonesia U23 punya modal berharga sebelum menghadapi duel yang sesungguhnya melawan Australia. Skuad asuhan Shin Tae-yong meraih kemenangan beruntun dalam 2 laga uji coba internasional melawan tuan rumah Tajikistan (2-1) dan Nepal (2-0). Kendati begitu, misi berat sudah menanti skuad Garuda Muda.

Di Grup G Kualifikasi AFC Cup U-23 2022, Witan Sulaeman dan kawan-kawan harus menghadapi Australia U23 sebanyak 2 kali untuk memperebutkan tiket lolos otomatis ke putaran final yang dihelat di Uzbekistan tahun depan. Dua kontestan Grup G lainnya, yakni Cina dan Brunei Darussalam, menyatakan mundur.

Jalannya Laga Timnas U23 Indonesia vs Australia Babak 1

Australia yang memakai formasi menyerang 3-4-3 langsung mendapatkan peluang emas untuk mencetak gol kilat di awal laga. Menit 5, The Young Socceroos mendapatkan hadiah penalti akibat pelanggaran yang dilakukan oleh pemain Timnas Indonesia U23 di area pertahanan sendiri.

Eksekusi oleh Patrick Wood ternyata mampu diamankan dengan baik oleh Ernando Ari Sutaryadi. Gawang Garuda Muda selamat dari kebobolan di menit-menit awal berkat penampilan gemilang kiper potensial milik Persebaya Surabaya itu.

Penyelamatan kembali ditorehkan oleh Ernando Ari Sutaryadi dua menit setelah penalti yang gagal itu. Kali ini sepakan jarak dekat dari Jacob Italiano mampu ditepis oleh penjaga gawang masa depan Indonesia tersebut.

Memasuki 15 menit babak pertama, Australia semakin nyaman memainkan bola dan terus meneror pertahanan Indonesia. Menit 17, Ernando Ari Sutaryadi lagi-lagi menunjukkan kepiawaiannya untuk menjaga gawang Garuda Muda tetap aman dari kebobolan.

Beberapa kali Garuda Muda mencoba membangun serangan melalui Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam Bahar, Ramai Rumakiek, maupun Bagus Kahfi dan Hanis Saghara yang bertandem di depan. Namun, upaya tersebut belum membuahkan hasil karena Australia tampil amat solid.

Menit 37, terjadi kemelut di depan gawang Timnas Indonesia U23 yang membuat sedikit kepanikan. Beruntung, sekali lagi Ernando Ari Sutaryadi mampu dengan sigap mengamankan bola dan menyelamatkan timnya.

Indonesia mendapatkan peluang menyerbu pada menit 42 melalui serangan balik cepat yang dibangun oleh Bagus Kahfi. Sayang, bola mampu dihentikan oleh pemain lawan. Laga babak pertama pun usai, skor masih imbang 0-0 antara Timnas U23 Indonesia vs Australia.


Jalannya Laga Timnas U23 Indonesia vs Australia Babak 2

Di babak kedua, Timnas Indonesia U23 mencoba melakukan perlawanan yang lebih gigih. Namun, Australia masih bisa mengendalikan jalannya permainan dengan memainkan tempo untuk mengacaukan konsentrasi Garuda Muda.

Bermula dari pelanggaran yang dilakukan Bagus Kahfi pada menit 51, gol pembuka laga ini akhirnya tercipta untuk Australia. Tendangan bebas Lachlan Brook dengan bola melambung ke arah pertahanan Indonesia mampu dimaksimalkan oleh Marc Tokich dengan tandukan terarah dan gol! The Young Socceroos unggul 0-1 atas Indonesia U23.

Tak lama setelah gol perdana, Australia justru makin menggila. Gawang Indonesia nyaris jebol lagi ketika Fabian Monge melepaskan tendangan keras. Beruntung, Ernando Ari Sutaryadi masih bisa menghalau bola yang datang kepadanya.

Menit 58, barulah gawang Ernando kebobolan untuk yang kedua kalinya. Melalui proses yang sistematis, umpan tarik Alessandro Lopane memudahkan Patrick Wood membayar kegagalan penaltinya di babak pertama. Gol untuk Australia, skor berubah menjadi 0-2.

Tertinggal 2 gol tak lantas membuat semangat juang anak-anak Merah Putih surut. Bahkan, pada menit 66, Timnas Indonesia U23 mampu membuat gol balasan. Witan Sulaeman melepaskan tendangan keras nan cantik dari luar kotak penalti dan menipiskan skor 1-2.

Australia tak mau kalah. Aksi ciamik Jacob Italiano di depan area pertahanan Timnas Indonesia U23 pada menit 76 membuat gawang Ernando bergetar lagi. The Young Socceroos kembali menjauh dan mengubah angka di papan skor menjadi 1-3.

Lagi-lagi Timnas Indonesia U23 belum mau lempar handuk. Bola hasil sepakan Gunansar Mandowen pada menit 83 justru mengarah kepada Taufik Hidayat. Striker muda milik Persija Jakarta ini pun tidak menyia-nyiakan peluang dan sukses membobol gawang Australia. Skor semakin ketat 2-3.

Memasuki akhir laga, duel semakin berjalan sengit. Garuda Muda sudah semakin berani meladeni Australia dengan permainan terbuka dan serangan-serangan cepat. Sebaliknya, lini pertahanan skuad U23 Socceroos yang dikomandani Jordan Bos mulai panik dan lebih sering membuang bola.

Hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan, tidak ada tambahan gol lagi. Timnas Indonesia U23 harus mengakui keunggulan Australia dengan skor akhir 2-3 di laga pertama Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Laga kedua sebagai penentu tim mana yang bakal lolos otomatis ke putaran final Piala Asia U-23 2022 di Uzbekistan tahun depan akan diselenggarakan di tempat yang sama pada Jumat tanggal 29 Oktober 2021 mendatang.

Susunan Pemain Timnas U23 Indonesia vs Australia

Indonesia U23 (4-4-2): Ernando Ari Sutaryadi; Asnawi Mangkualam, Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho Ramadhani, Pratama Arhan; Rachmat Irianto, Gunansar Mandowen, Witan Sulaeman, Ramai Rumakiek; Amiruddin Bagus Kahfi, Hanis Sagara Putra | Pelatih: Shin Tae-yong

Australia U23 (3-4-3): Nicholas Suman; Lewis Miller, Jordan Bos, Jordan Courtney-Perkins; Luke Duzel, Fabian Monge, Jacob Italiano, Marc Tokich; Adisu Bayew, Patrick Wood, Lachlan Brook | Pelatih: Trevor Morgan

Hasil Timnas U23 Indonesia vs Australia Laga 1

Skor Akhir 2-3
Pencetak Gol - Australia: Marc Tokich '52, Patrick Wood '58, Jacob Italiano '76 | Indonesia: Witan Sulaeman '66, Taufik Hidayat '83

Jadwal Timnas U23 Indonesia vs Australia

Laga 1
Selasa, 26 Oktober 2021
Indonesia vs Australia
Pukul 19.00 WIB di Republikan Central Stadium, Dushanbe

Laga 2
Jumat, 29 Oktober 2021
Australia vs Indonesia
Pukul 19.00 WIB di Republikan Central Stadium, Dushanbe

Baca juga artikel terkait HASIL TIMNAS U23 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Penyelia: Addi M Idhom
DarkLight