Timnas Indonesia U-19

Hasil Timnas U19 Indonesia vs Qatar Skor 1-1: Nyaris Menang Lagi

Oleh: Iswara N Raditya - 20 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Hasil pertandingan Timnas U-19 Indonesia vs Qatar pada Minggu (20/9/2020) di Kroasia dituntaskan dengan skor akhir 1-1.
tirto.id - Hasil pertandingan Timnas U-19 Indonesia vs Qatar pada Minggu (20/9/2020) di Kroasia dituntaskan dengan skor akhir 1-1. Tim Garuda Muda nyaris menang lagi sebelum kedudukan disamakan oleh Qatar lewat penalti jelang laga berakhir.

Laga ini menjadi duel ke-2 bagi tim nasional Indonesia U19 dan Qatar dalam pertandingan persahabatan di Kroasia. Di pertemuan perdana, Garuda Muda menang dengan skor 2-1 berkat gol penalti Brylian Aldama dan sontekan Mochammad Supriadi.

Berbeda dengan pertandingan pertama yang dikuasai oleh Qatar sejak awal laga, Timnas U-19 Indonesia kali ini lebih berani. Kemenangan di laga pertama tampaknya membuat Witan Sulaeman dan kawan-kawan tampil lebih percaya diri.

Tim lawan juga demikian. Bertekad membalas kekalahan di pertandingan sebelumnya, anak-anak muda Qatar U19 meladeni pasukan Merah Putih dengan permainan terbuka. Beberapa kali terjadi saling serang meski laga berlangsung dalam ritme yang masih sedang-sedang saja.

Beberapa peluang memang tercipta. Namun, hingga wasit Ivan Antonovich yang memimpin jalannya laga meniup peluit tanda babak pertama berakhir, hasil pertandingan masih imbang tanpa gol alias 0-0 sampai turun minum.

Jalannya Pertandingan Babak 2

Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas U-19 Indonesia memasukkan David Maulana di babak kedua. Kendati begitu. gelandang yang kerap menyandang ban kapten ini justru langsung terkena kartu kuning akibat pelanggaran yang dilakukannya.

Gol yang dinanti akhirnya terjadi pada menit 61. Berawal dari skema lemparan ke dalam oleh Pratama Arhan, bola melayang jauh hingga ke depan gawang Qatar. Saddam Gaffar memanfaatkan postur tubuhnya untuk menyundul bola dan dengan manis mengoyak gawang lawan. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Permainan anak-anak Garuda Muda semakin hidup usai terciptanya gol tersebut. Kerja sama antar pemain kian apik sehingga memompa kepercayaan diri David Maulana dan kawan-kawan untuk meraih kemenangan kedua beruntun atas Qatar.

Menit 67, pelanggaran yang dilakukan Pratama Arhan di depan garis pertahanan Indonesia membuahkan tendangan bebas bagi lawan. Hanya saja, set-piece yang dilakukan kapten tim Qatar masih membentur badan Saddam Gaffar yang membuat bola melambung tinggi di atas gawang.


Lemparan ke dalam luar biasa yang dilakukan Arhan pada menit 72 nyaris mengulang gol pertama Timnas U-19 Indonesia. Beruntung kali ini para pemain Qatar mampu menjauhkan bola dari area pertahanan mereka.

Qatar yang mulai kehilangan akal melakukan pergantian 3 pemain sekaligus atas arahan pelatih Fabio Cesar pada menit 76. Tiga tenaga baru masuk dan diharapkan bisa mengubah peruntungan Qatar demi menyamakan kedudukan.

Lima menit jelang waktu normal habis, pelatih Shin Tae-yong menerapkan pergantian pemain untuk kedua kalinya. Kali ini Braif Fatari yang ditarik keluar untuk digantikan oleh M. Bahril. Shin Tae-yong rupanya ingin memperkuat lini tengah untuk mempertahankan keunggulan.

Akan tetapi, pelanggaran keras di area terlarang oleh Rizky Ridho pada menit 88 membuat wasit menunjuk titik putih bagi Qatar. Gawang Indonesia akhirnya bobol juga setelah penalti sukses dilaksanakan semenit berselang. Skor 1-1 menjadi hasil akhir laga ini.

Susunan Pemain

Indonesia U19 (4-4-2): Muhammad Adi Satryo; Bagas Kaffa, Rizki Ridho, Komang Teguh, Pratama Arhan; Witan Sulaeman,Beckham Putra Nugraha , Brylian Aldama, Mochammad Supriadi; Braif Fatari, Saddam Gaffar | Pelatih: Shin Tae-yong

Qatar U19 (4-2-3-1): Yousef Abdullah Balideh; Abdulla Essa Al-Sulaiti, Abdalla Yousif, Diyab Taha, Mostafa Kadira; Hadi Tabasideh, Naif Alhadhrami, Faisal Azadi, Ali Al-Marri, Jassim Al-Mehairi; Lotfi Madjer | Pelatih: Fabio Cesar

Baca juga artikel terkait INDONESIA VS QATAR atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Agung DH
DarkLight