Hasil Timnas U-22 Indonesia vs Thailand: Tanpa Gol di Babak Pertama

Oleh: Hendi Abdurahman - 26 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 0-0 menjadi hasil babak pertama antara Timnas Indonesia U-22 vs Thailand di final Piala AFF U-22 2019.
tirto.id - Babak pertama Timnas U-22 Indonesia vs Thailand di Final Piala AFF U-22 2019 yang berlaga di Olympic Stadium, Selasa (26/2/2019) berkesudahan dengan skor sementara 0-0. Garuda Muda memiliki beberapa peluang yang berpotensi menghasilkan gol, tapi keadaan sama kuat bertahan hingga turun minum.

Indra Sjafri nyaris tak mengubah susunan pemain dalam laga Final Piala AFF U-22 2019 kali ini. Tiga penyerang yang diisi Witan Sulaeman, Osvaldo Haay dan Marinus Wanewar tetap menjadi andalan. Luthfi Kamal dan Gian Zola bahu membahu bertugas di lini tengah. Sementara duet lini belakang kembali dipercayakan kepada Nurhidayat dan Bagas Adi.

Di lain pihak, Thailand U-22 juga tidak melakukan perubahan berarti. Tanpisit Kukalamo dan Marco Ballini dipasang sebagai pemain yang mengisi lini serang. Lini tengah dikomandoi Jaroensak Wonggorn. Adapun lini belakang diisi duet Kritsada Nontharat dan Chatchai Saengdao.

Garuda Muda langsung menggebrak. Babak pertama baru berjalan lima menit, Osvaldo Haay langsung menebar ancaman lewat sepakan jarak dekat usai memanfaatkan umpan Witan Sulaeman di sisi kanan. Sayang, tendangannya masih bisa dimentahkan Karrapat Nareechan dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Menit 19, kemelut terjadi di area kotak penalti Timnas U-22 Indonesia. Berawal dari tendangan penjuru Jaroensak Wonggorn, The War Elephants yang menumpuk sejumlah pemainnya mampu membuat lini bekalang Garuda Muda kerepotan. Beruntung Firza Andika berhasil membuang bola menjauh dari area pertahanan.

Witan Sulaeman kembali berhasil membongkar lini pertahanan Thailand pada pertengahan babak pertama. Mendapat sodoran dari Asnawi Mangkualam, Witan gagal memberikan umpan yang sempurna ke kotak penalti lantaran tendangannya terlalu lemah dan dapat diamankan dengan mudah oleh Karrapat Nareechan. Skor tetap 0-0.

Sisi kiri pertahanan skuat asuhan Alexandre Gama menjadi lini yang sering ditembus. Enam menit jelang berakhirnya paruh pertama, Witan Sulaeman melakukan percobaan dengan melakukan tendangan jarak jauh. Berhasil mengarah ke gawang, sepakannya masih bisa ditangkap dengan baik oleh kiper Thailand.

Di sisa waktu, tak ada peluang yang tercipta. Skor 0-0 pun bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya paruh pertama.

Susunan Pemain

Timnas U-22 Indonesia: Awan Setho; Asnawi Mangkualam; Nurhidayat; Bagas Adi; Firza Andika; Luthfi Kamal; Gian Zola; Sani Riski; Osvaldo Haay; Marinus Wanewar; Witan Sulaeman.

Thailand U-22: Karrapat Nareechan; Sampan Kesi; Kritsada Nontharat; Chatchai Saengdao; Saringkan Promsupa; Patcharapol Intanee; Jidsadakorn Kowngam; Jaroensak Wonggorn; Sakunchai Saengthopho; Marco Ballini; Tanpisit Kukalamo.

Baca juga artikel terkait PIALA AFF 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus