Hasil Timnas U-22 Indonesia vs Kamboja: Satu Gol di Babak Pertama

Oleh: Hendi Abdurahman - 22 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 1-0 menjadi hasil babak pertama antara Timnas U-22 Indonesia vs Kamboja di penyisihan Grup B Piala AFF U-22 2019.
tirto.id - Laga pemungkas Grup B Piala AFF U-22 2019 antara Timnas U-22 Indonesia vs Kamboja yang digelar di Stadion Olympic, Jumat (22/2/2019) berkesudahan dengan skor sementara 1-0 di babak pertama. Gol tunggal Marinus Wanewar pada menit 19 membuat Garuda Muda unggul hingga turun minum.

Pelatih Indra Sjafri menurunkan tiga pemain sekaligus di lini serang yang diisi oleh Witan Sulaeman, Osvaldo Haay, dan Marinus Wanewar. Gian Zola menjadi pengatur serangan di lini tengah sementara Nurhidayat dipercaya sebagai partner Bagas Adi di lini belakang.

Di lain pihak, pelatih Felix Dalmas menurunkan Sleng Chanthea di lini depan yang ditopang Tes Sambath di lini tengah. Duet lini belakang dipercayakan kepada Seut Baraing dan Chheng Meng untuk melapisi Keo Soksela di posisi penjaga gawang.

Di awal babak pertama kedua tim tampil dengan tempo yang relatif cepat. Serangan pun silih berganti. Saat waktu menunjukkan menit 19, gol pertama pada laga ini berhasil diciptakan Timnas U-22 Indonesia melalui Marinus Wanewar usai mendapat umpan dari Witan Sulaeman di sisi kanan. Sempat diblok oleh Keo Sosela, bola muntah kembali dapat disepak Marinus dan masuk ke gawang. Skor 1-0.

Tuan rumah tak tinggal diam. Menit 31, Ouk Sovann melepaskan crossing dari sisi kiri pertahanan Indonesia, bola mampu ditanduk Sin Sophanat yang sayangnya masih terlalu lemah dan mengarah tepat kepada Awan Setho sehingga gol urung tercipta.

Garis pertahanan rendah yang ditampilkan Kamboja diladeni oleh pressure tinggi oleh Garuda Muda. Beberapa kali kesalahan passing yang dibuat oleh anak asuh Felix Dalmas membuat Osvaldo Haay maupun Witan Sulaeman kerap memanfaatkannya lewat kecepatan. Namun, penyelesaian akhir yang belum terlalu maksimal membuat gol tambahan tak menemui hasil.

Di pengujung paruh pertama, peluang kembali didapat oleh para penyerang Timnas U-22. Keo Sosela yang keluar dari sarangnya membuat keadaan menjadi riuh. Lagi, penyelesaian akhir yang kurang baik membuat tak ada gol kedua yang ditorehkan. Skor 1-0 untuk keunggulan Firza Andika dan kolega pun mengakhiri babak pertama.

Susunan Pemain

Timnas U-22 Indonesia: Awan Setho; Asnawi Mangkualam; Nurhidayat; Bagas Adi; Firza Andika; M. Luthfi; Gian Zola; Sani Riski; Witan Sulaeman; Osvaldo Haay; Marinus Wanewar

Kamboja: Keo Soksela; Seut Baraing; Chheng Meng; Ouk Sovann; ChhongBunnath; Sin Sophanat; Om Chanpolin; Teath Kim Heng; Tes Sambath; Sin Kakada; Sleng Chanthea

Baca juga artikel terkait PIALA AFF U-22 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight