Timnas Indonesia U19

Hasil Timnas U-19 Indonesia vs Qatar Skor 2-1: Garuda Muda Menang!

Oleh: Iswara N Raditya - 17 September 2020
Dibaca Normal 2 menit
Skor 2-1 menjadi hasil akhir pertandingan Timnas U-19 Indonesia vs Qatar dalam laga persahabatan pada Kamis (17/9/2020).
tirto.id - Skor 2-1 menjadi hasil akhir pertandingan Timnas U-19 Indonesia vs Qatar dalam laga persahabatan pada Kamis (17/9/2020). Garuda Muda akhirnya menang dalam rangkaian laga uji coba di Kroasia. Dua gol Timnas Indonesia U19 diciptakan oleh Brylian Aldama di babak pertama dan M. Supriadi pada babak kedua.

Formasi 4-4-2 masih konsisten diterapkan oleh pelatih Timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong, seperti dalam tiga pertandingan sebelumnya saat bertarung di International U19 Friendly Tournament 2020 beberapa waktu lalu.

Menghadapi Qatar U19 yang menjadi salah satu tim muda terkuat di Asia, juru taktik asal Korea Selatan itu ingin memperkokoh lini tengah dan barisan pertahanan namun dengan tetap menyeimbangkan serangan dengan memasang dua striker di lini depan.

Jalannya Laga Timnas U-19 Indonesia vs Qatar Babak 1

Sejak awal, Qatar lebih mendominasi jalannya permainan. Sedangkan Timnas U-19 Indonesia mencoba memperkuat lini kedua dengan mengandalkan Witan Sulaeman dan sang kapten David Maulana dengan disokong oleh M. Supriadi serta Brylian Aldama.

Sayangnya, barisan belakang Garuda Muda lengah saat laga memasuki menit 12. Lubang ini dapat dimaksimalkan dengan baik oleh Qatar. Gawang Muhammad Adi Satryo harus kebobolan setelah Jassim Al-Mehairi melepaskan sepakan yang tidak bisa diantisipasi oleh sang kiper. Qatar unggul 0-1.

Tertinggal satu gol, Timnas U-19 Indonesia bereaksi dengan cepat. Pergerakan lincah M. Supriadi dari sisi kiri dihentikan dengan cukup keras oleh pemain lawan. Supriadi pun terjatuh di area terlarang Qatar yang membuat wasit menunjuk titik putih untuk Garuda Muda pada menit 16.

Brylian Aldama maju sebagai eksekutor. Dengan dingin, pemain masa depan Indonesia ini berancang-ancang sebelum melesakkan tendangan keras ke sisi kiri atas gawang Qatar dan masuk! Skor 1-1 untuk kedua tim.

Peluang emas tercipta untuk Indonesia pada menit 40. Umpan matang dari Witan Sulaeman yang mengarah ke depan gawang gagal dimaksimalkan oleh Supriadi. Hingga babak pertama usai, skor pertandingan Timnas U-19 Indonesia vs Qatar masih imbang 1-1.



Jalannya Laga Timnas U-19 Indonesia vs Qatar Babak 2

Laga berjalan dalam tempo yang lebih lambat di awal babak kedua. Sempat terjadi peluang untuk Qatar saat pertandingan memasuki menit 60. Berawal dari sepak pojok, bola yang mampu dijauhkan dari gawang oleh pemain Indonesia disambut tendangan keras oleh gelandang Qatar tapi belum tepat sasaran.

Menit 65, giliran Timnas U-19 Indonesia yang punya peluang. Akan tetapi, sepakan keras dari luar kotak penalti yang dilepaskan Supriadi masih melayang cukup jauh di atas mistar gawang Qatar. Semenit berselang, kans datang lagi dari Brylian Aldaman, namun juga masih melenceng.

Shin Tae-yong melakukan pergantian pemain pada menit 69. Beckham Nugraha Putra, masuk menggantikan sang kapten David Maulana. Kehadiran gelandang muda Persib Bandung itu memberikan tenaga baru untuk lini tengah Timnas U-19 Indonesia.

Menit 73, Indonesia kembali mengganti pemainnya. Kali ini Braif Fatari digantikan oleh Saddam Gaffar. Shin Tae-yong rupanya ingin skuad Garuda Muda bermain lebih menyerang mengingat Saddam adalah seorang target man dan bertandem dengan Irfan Jauhari.

Gawang Qatar nyaris bobol lewat tendangan spekulasi yang dilepaskan dari jarak jauh oleh Pratama Arhan pada menit 76. Bola menghujam ke arah gawang lawan dan mengejutkan kiper Qatar meskipun belum membuahkan gol tambahan untuk Indonesia.

Pergantian pemain ketiga dilakukan Shin Tae-yong pada menit 79. Irfan Jauhari terpaksa ditarik keluar lantaran sedikit mengalami cedera dan digantikan oleh Muhammad Bahril yang biasa berperan sebagai gelandang.

Gol yang ditunggu akhirnya tercipta pada menit 84. Bermula dari kesalahan para pemain Qatar di area pertahanan sendiri, kerja sama apik dilakukan oleh para pemain Indonesia dan menghasilkan gol kedua bagi Indonesia.

Berkat umpan tarik dari Bekcham Nugraha Putra dari sisi kanan, Supriadi dengan mudah menceploskan bola ke gawang lawan meskipun sempat diganggu pemain Qatar. Timnas U-19 Indonesia berbalik unggul 2-1.

Anak-anak muda Qatar yang tidak ingin kehilangan muka berupaya keras mengejar ketertinggalan dengan meningkatkan serangan ke zona pertahanan Indonesia. Tetapi, hingga peluit akhir dibunyikan, skor tidak berubah. Garuda Muda menang 2-1 atas Qatar.

Susunan Pemain Indonesia vs Qatar

Indonesia U19 (4-4-2): Muhammad Adi Satryo; Bagas Kaffa, Rizki Ridho, Komang Teguh, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, David Maulana, Brylian Aldama, Mochammad Supriadi; Irfan Jauhari, Braif Fatari | Pelatih: Shin Tae-yong

Qatar U19 (4-5-1): Yousef Abdullah Balideh; Abudurrahman Elsadig, Abdalla Yousif, Diyab Taha, Mostafa Kadira; Hadi Tabasideh, Naif Alhadhrami, Faisal Azadi, Ali Al-Marri, Jassim Al-Mehairi; Mohamed Surag | Pelatih: Fabio Cesar

Pencetak Gol:
Jassim Al-Mehairi menit 12; Brylian Aldama (pen) menit 16, M. Supriadi menit 84.

Jadwal Timnas U-19 Selanjutnya

Timnas U-19 Indonesia akan kembali menghadapi Qatar di pertandingan uji coba selanjutnya. Setelah itu, Witan Sulaeman dan kawan-kawan bakal menjajal tim nasional U19 Bosnia-Herzegovina dan skuad muda Dinamo Zagreb. Berikut ini jadwal selengkapnya:

20 September 2020 – Indonesia vs Qatar (Laga ke-2)
25 September 2020 – Indonesia vs Bosnia-Herzegovina
28 September 2020 – Indonesia vs Dinamo Zagreb

Baca juga artikel terkait INDONESIA VS QATAR atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Agung DH
DarkLight