Kualifikasi Piala Dunia 2022

Hasil Timnas Indonesia vs Vietnam: Garuda Tertinggal Satu Gol

Oleh: Wan Faizal - 15 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Timnas Indonesia vs Vietnam dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2022 di babak pertama masih dalam kedudukan 0-1.
tirto.id - Vietnam unggul 0-1 dari Timnas Indonesia dalam 45 menit babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Selasa (15/10/2019). Gol Do Duy Manh membuat misi Garuda untuk meraih kemenangan perdana di Grup G semakin berat.

Atas hasil buruk di markas Uni Emirat Arab pada Kamis (10/10), beberapa perubahan langsung dilakukan oleh pelatih Indonesia, Simon McMenemy. Salah satunya dengan menurunkan Otavio Dutra sejak menit awal sekaligus menjadi debutnya untuk Garuda. Selain itu, Riko Simanjuntak dan Bayu Pradana diberi kesempatan main sejak menit awal oleh juru taktik asal Skotlandia tersebut.

Vietnam tetap menurunkan skuad terbaiknya di pertandingan ini. Nguyen Van Toan, Nguyen Tien Linh, dan Nguyen Quang Hai masih dijadikan andalan utama untuk menggedor pertahanan tuan rumah. Di sektor belakang, kapten Que Ngoc Hai dan kiper Dang Van Lam tetap menjadi pilihan utama.

Bermain di kandang sendiri, skuad Garuda mendapatkan tekanan besar untuk meraih kemenangan. Buntutnya, secara permainan Indonesia bermain tidak terlalu bagus di menit awal. Di sisi lain, Vietnam juga tidak terlalu cemerlang.

Peluang pertama dalam laga ini lahir di menit 14 dan didapatkan oleh tim tamu. Melalui eksekusi tendangan bebas, sepakan jarak jauh dari Quang Hai masih tepat mengarah ke pelukan Muhammad Ridho. Tak lama kemudian usaha dari tendangan jarak jauh kembali dilakukan oleh Nguyen Trong Hoang dan sekali lagi Ridho sukses mengamankan gawangnya.

Tekanan intens dari anak asuh Park Hang Seo akhirnya berbuah manis di menit 26. Bermula dari tendangan penjuru yang mengarah ke tiang jauh, Dutra gagal memenangi duel udara dengan Doan Van Hau. Bola yang bergulir di depan gawang gagal dibuang dengan baik oleh Yanto Basna sehingga bisa dimanfaatkan oleh Do Duy Manh menjadi gol. Ini sekaligus gol ke-12 yang bersarang ke gawang Indonesia selama babak kualifikasi ini.

Tak lama setelah peluang tersebut nyaris saja gawang Ridho bobol lagi. Kesalahan fatal dilakukan Basna saat ia salah mengirim umpan dan diubah menjadi serangan balik cepat oleh Vietnam. Peluang terbuka didapat oleh Quang Hai ketika ia berdiri bebas di depan Ridho namun beruntung bagi Indonesia karena eksekusinya tak sempurna dan bola melambung diatas tiang gawang.

Permainan Indonesia tak berkembang. Penguasaan bola para pemain Vietnam memaksa skuad tuan rumah tak bisa bergerak banyak dalam membangun serangan. Ada dua peluang emas sampai babak pertama selesai. Yakni di menit 41 ketika umpan sepak pojok Evan Dimas disambar Basna namun mudah diamankan Van Lam. Kemudian sebelum turun minum ada sepakan spekulasi Putu Gede yang masih melebar tipis dari gawang lawan.

Pencetak Gol: Duy Manh 26’

Susunan Pemain:

Indonesia: Muhammad Ridho; Putu Gede, Yanto Basna, Otavio Dutra, Abduh Lestaluhu; Bayu Pradana, Evan Dimas; Riko Simanjuntak, Saddil Ramdani, Stefano Lilipaly; Beto Goncalves

Vietnam: Dang Van Lam; Do Duy Manh, Bui Tien Dung, Doan Van Hau, Que Ngoc Hai; Nguyen Trong Hoang, Do Hung Dung, Pham Duc Huy, Nguyen Quang Hai; Nguyen Tien Linh, Nguyen Van Toan

Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2022 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight