Hasil Timnas Indonesia U23 vs Arab Saudi 1-1, Cetak Gol Perdana

Oleh: Beni Jo - 15 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Timnas Indonesia U23 vs Arab Saudi dalam Team China Chongqing Three Gorges Bank Cup International Football 2019, Selasa (15/10) berakhir 1-1.
tirto.id - Hasil pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Arab Saudi pada Selasa (15/10/2019) berakhir dengan skor 1-1 dalam duel pemungkas turnamen CFA Team China Chongqing Three Gorges Bank Cup International Football 2019 yang digelar di Stadion Wuhan Sports Centre.

Gol sundulan Awn Al Selouli pada menit 9 mampu disamakan lewat kreasi Irkham Zahrul Mila enam menit berselang. Kendati bermain imbang, gol yang dilesakkan oleh anak asuh Indra Sjafri menjadi yang perdana sekaligus menorehkan poin pertama bagi Indonesia.

Laga baru berjalan sembilan menit, Indonesia harus kebobolan terlebih dahulu melalui skema tendangan bebas. Dari eksekusi yang sangat jauh, bola ditendang langsung ke area penalti.

Awn Al Selouli yang sudah menunggu di kotak terlarang pun menyambutnya dengan sundulan keras yang mengarah ke gawang. Kiper timnas, Muhammad Riyandi tidak mampu menjangkaunya dan tercipta gol. Skor 0-1.

Enam menit kemudian, Garuda Muda bereaksi dan mampu menyamakan kedudukan. Melalui gol Irkham Zahrul Mila, Indonesia akhirnya berhasil mencetak gol pertama di turnamen ini pada menit ke-15. Kedudukan menjadi imbang 1-1 yang bertahan hingga turun minum.


Pada paruh kedua, Arab Saudi menguasai jalannya laga di menit-menit awal. Beberapa kali Saad Alsalulis dan kolega mampu menusuk pertahanan Indonesia dan sempat menciptakan peluang. Namun belum berhasil membuahkan gol.

Indonesia melakukan ancaman melalui pergerakan Egy Maulana Vikri. Dari tengah lapangan, ia menyisir sisi kanan pada menit ke-55. Bola diumpan ke Syahrian Abimanyu untuk kemudian diakhiri dengan tembakan keras. Akan tetapi, hasilnya belum bisa menjebol gawang lawan.

Beberapa menit setelah peluang Abimanyu, Arab Saudi kembali mampu menciptakan peluang emas. Tercatat dua kali Muhammad Riyandi harus berjibaku di bawah mistar guna menyelamatkan gawangnya dari tembakan pemain lawan.

Memasuki pertengahan babak kedua, tepatnya menit ke-67, terjadi kemelut di kotak penalti Indonesia. Tembakan pemain Arab Saudi dari sudut pojok kiri gawang berhasil ditepis oleh Riyandi hingga menghasilkan tendangan sepak pojok.

Satu menit berselang, tembakan keras pemain lawan juga masih bisa dihalau oleh Riyandi ke sisi kanan gawang Indonesia.

Sementara timnas sendiri belum mampu menghasilkan peluang yang berpotensi melahirkan gol. Usaha yang coba dibangun pun beberapa kali gagal menjangkau area penalti Arab Saudi dan lebih banyak berakhir di area tengah lapangan.

Satu kesempatan sempat diperoleh lewat tendangan penjuru, akan tetapi gagal dimanfaatkan karena tendangan Andy Setyo yang menerima bola liar masih melenceng cukup jauh dari sasaran.

Hingga babak kedua berakhir, tidak tercipta gol tambahan. Skor imbang 1-1 pun bertahan hingga peluit dibunyikan oleh wasit.

Pencetak gol: Awn Al Selouli 9' (Arab Saudi), Irkham Zahrul Mila 15' (Indonesia)

Daftar Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-23 (4-3-3): Muhammad Riyandi; Asnawi Mangkualam, Andy Setyo, Dodi Alex van Djin, Firza Andika; Rachmat Irianto, Sani Rizki, Syahrian Abimanyu; Egy Maulana, Muhammad Rafli, Irkham Zahrul Mila.

Arab Saudi (4-4-2): Saleh Alohaymid; Abdullah Tarmin, Abdulbasit Hindi, Mohammed Alshanqiti, Awn Alsaluli; Nasser Alomran, Ali AlHassan, Ayman Alkhulaif, Abdulrahman Ghareeb; Sami Alnaji, Saad Alsalulis.


Baca juga artikel terkait TIMNAS INDONESIA U23 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Hendi Abdurahman
DarkLight