Hasil Timnas Indonesia U19 vs China Skor Akhir 3-1, Garuda Impresif

Oleh: Wan Faizal - 17 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil akhir Timnas Indonesia U19 vs China U19 pada Kamis (17/10/2019) ditutup dengan skor 3-1. Bagus Kahfi mencetak satu gol dan dua assist.
tirto.id - Timnas Indonesia U19 menang 3-1 atas China U19 dalam laga uji coba jelang Kualifikasi Piala Asia U19 2020 di Stadion Gelora Bung Tomo, Kamis (17/10/2019). Tiga gol Garuda lahir di babak pertama, melalui aksi Bagus Kahfi, Fajar Faturrahman, dan Alfeanda Dewangga.

Bermain melawan tim asuhan Chen Yao Dong, permainan Indonesia sempat tak berkembang dalam 10 menit awal. Namun setelahnya, dominasi ditampilkan tuan rumah dengan permainan bola dari kaki ke kaki khas mereka. Satu peluang didapat pada menit 12. Namun, tembakan bebas Rizky Ridho masih sanggup ditepis oleh kiper Huang Zihao.

Dua menit kemudian gol diciptakan oleh Indonesia melalui kaki Bagus Kahfi. Mendapatkan umpan Fajar Faturrahman di sisi kiri, Bagus berdiri tak terkawal di tiang jauh gawang China. Satu bek lawan sempat mendekat, namun dengan tenang Bagus mengecohnya. Tendangan kaki kiri Bagus yang tidak bisa dihalau Zihao menjadi pembuka kran gol Garuda.

Permainan China semakin tak jelas setelah gol tersebut. Sebaliknya Garuda mulai nyaman dalam mengalirkan bola. Serangan demi serangan mereka menajam. Menit 27, gol kedua tuan rumah tercipta.

Bagus sekali lagi menjadi bintangnya berkat assist yang ia berikan pada Fajar. Berdiri di sisi kanan, umpan silang mendatar Bagus diteruskan dengan mudah oleh Fajar di tiang jauh setelah lepas dari kawalan para pemain belakang lawan.

Peluang Indonesia berikutnya terjadi ketika sepakan Beckham Putra Nugraha bisa diblok Zhu Yue. Dari tendangan penjuru akibat serangan itu, gol ketiga Indonesia tercipta. Seolah belum puas dengan kontribusi atas dua gol sebelumnya, Bagus kembali menjadi inspirator. Umpan silang yang ia lepaskan disambut kepala Alfeandra Dewangga. Indonesia unggul tiga gol sampai babak pertama usai.

Pada babak kedua masuknya Mohammad Supriadi membuat Indonesia lebih berbahaya ketika melakukan serangan. Sepuluh menit pertama mutlak dikuasai oleh tuan rumah. Beberapa peluang bisa dihasilkan.

Salah satunya pada menit 54 ketika umpan tarik Zico di sisi kanan tidak bisa diubah Supriadi menjadi gol. Padahal, Supriadi hanya tinggal menyontek bola masuk ke gawang yang sudah kosong. Arah bola malah melebar tipis.

Sejak kegagalan itu China menjadi lebih percaya diri. Masuknya pemain baru sukses mengubah tempo permainan mereka. Gol pun lahir pada menit 64 melalui sepakan penalti Tao Qianglong yang baru masuk beberapa menit. Penalti itu sendiri lahir ketika Dewa melakukan tekel pada Liu Zhurun di dalam kotak penalti.

Gol China tersebut membuat permainan semakin menarik. Indonesia berupaya bangkit lagi. Ada satu peluang bagus yang dibuang percuma oleh Bagus di menit 73. Sedangkan China yang mulai mempercepat tempo serangan, beberapa kali membuat repot lini belakang Indonesia.

Sampai akhir laga tak ada gol yang lahir lagi. Skor 3-1 untuk kemenangan Indonesia dan kedua tim dijadwalkan memainkan laga kedua di Stadion Kapten I Wayan Dipta pada Minggu (20/10/2019).



Pencetak Gol: Bagus 14’, Fajar 27’, Dewa 36’ / Qianglong 64’-pen

Susunan Pemain:

Indonesia U19: Ernando Ari; Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Salman Alfarid; Theo Fillo Numberi (Brylian Aldama79’), David Maulana, Beckham Putra Nugraha (Rendy Juliansyah 82’); Fajar Faturrahman (Mohammad Supriadi 46’), Bagus Kahfi (Saddam Emiruddin 91’), Sutan Zico (Serdy Ephy 62’)

China U19: Huang Zihao; Chen Yuhao (Liu Zhurun 33’), Tayier Xiaokaitijiang, Zhu Yue, Mohemaiti Naibijiang; Zheng Xuejian,Shi Yucheng (Chen Rong 77’); Leng Jixuan (Liu Junxian 60’), Han Dong, Aisikaer Aifeierding (Tao Qianglong 60’); He Zhenyu

Baca juga artikel terkait atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - )

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight