Semifinal Piala AFF U18 2019

Hasil Timnas Indonesia U18 vs Malaysia: Babak Pertama Sama Kuat

Oleh: Wan Faizal - 17 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil semifinal Piala AFF U18 2019 laga Timnas Indonesia U18 vs Malaysia berkesudahan dengan skor 1-1 pada babak pertama.
tirto.id - Hasil babak pertama timnas Indonesia U18 vs Malaysia dalam semifinal Piala AFF U18 2019 berkesudahan dengan skor 1-1. Berlangsung di Go Dau Stadium, Sabtu (17/8/2019), timnas Indonesia tertinggal lebih dahulu. Usaha keras timnas U18 untuk menyamakan skor baru terjadi pada menit 45 melalui tendangan Beckham Putra Nugraha.

Lima menit pertama berjalan sangat lambat karena kedua tim terasa masih mencari celah di pertahanan lawan. Begitu sudah mulai panas, beberapa serangan berbahaya mulai bisa diciptakan kedua tim. Malaysia mendapatkan peluang bagus lepas menit lima namun tendangan salah seorang pemainnya masih melebar tipis dari gawang Ernando Ari.

Sementara Indonesia terlihat sangat mengandalkan kecepatan Mohammad Supriadi. Pemain berjuluk Quick Supri tersebut bahkan sempat memaksa Muhamad Aidil Azuan mendapatkan kartu kuning di menit awal karena menjegal laju cepatnya yang berpeluang mencetak gol.

Menit demi menit berlalu, permainan Indonesia mulai terbentuk. Peluang bagus didapat melalui tembakan Bagus Kahfi namun arah bola masih tepat ke kiper Sikh Izhan Nazriel. Beberapa peluang kemudian diciptakan namun kondisi lapangan yang agak becek membuat eksekusi para pemain pun ikut tidak maksimal.

Menit 19, Indonesia dikejutkan dengan gol dari pemain Malaysia, Mohammad Aiman Afif. Gol bermula dari tendangan bebas jarak jauh dari kapten Muhammad Mukhairi Mahadi yang membentur pagar betis. Namun arah bola tetap melambung ke depan gawang Ernando dan dimanfaatkan oleh Aiman dengan sontekan untuk menjebol gawang Indonesia.

Dua menit kemudian bahaya mengintai Indonesia lagi. Umpan silang Mahadi disambut oleh Muhammad Azam Azmi yang berdiri bebas di tiang jauh. Sontekannya masih membentur tiang gawang dan bola rebound yang disambut kepala Luqman Hakim menerpa mistar gawang. Dua momen yang sungguh membuat pelatih suporter Indonesia tidak tenang tentunya.

Serangan bertubi lantas ditampilkan para pemain Indonesia guna mencari gol penyama. Ada satu kans dari Beckham di menit 27 namun tendangannya masih menyamping tipis dari tiang jauh gawang Nazriel. Kemudian, usaha percobaan tendangan jarak jauh dari David Maulana maupun Brylian Aldama masih bisa diblok para pemain bertahan Malaysia.

Menit 38, peluang kembali didapat skuad Garuda Nusantara. Umpan terobosan Beckham sukses membuka pertahanan Malaysia dan meloloskan Bagus di sisi kanan. Sayangnya peluang bagus tersebut tetap tak berbuah gol karena tembakan Bagus yang melebar tipis dari gawang Nazriel.

Perjuangan tak kenal lelah Indonesia akhirnya berbuah manis di akhir babak pertama. Sebuah umpan tarik Fajar Faturrahman dari sisi kanan disambar oleh sepakan terukur Beckham. Bola mengarah ke sudut gawang dan kiper Malaysia hanya terpaku menatap bola masuk ke gawangnya. Babak pertama selesai, skor imbang 1-1.

Pencetak Gol: Beckham 45’ / Aiman 19’

Susunan Pemain:

Indonesia: Ernando Ari; Bagas Kaffa, Bayu Muhammad Fiqri, Alfeandra Dewangga, Salman Alfarid; Brylian Aldama, David Maulana, Beckham Putra Nugraha; Fajar Faturrahman, Mohammad Supriadi, Bagus Kahfi.

Malaysia: Sikh Izhan Nazriel; Muhammad Firdaus Ramli, Muhammad Nuh Azlan Syah, Harith Haiqal, Muhammad Aidil Azuan; Muhammad Fakrul Naszari, Mohd Aiman Afif Afizul, Muhammad Azam Azmi; Muhammad Mukhairi Mahadi, Mohammad Nasip Zain, Luqman Hakim Shamsudin.


Baca juga artikel terkait PIALA AFF U-18 2019 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Ibnu Azis
DarkLight