Hasil Timnas Indonesia U15 vs Myanmar 5-0 Lolos Semifinal Piala AFF

Oleh: Fitra Firdaus, Beni Jo - 4 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Timnas Indonesia U-15 vs Myanmar berakhir dengan skor 5-0 dan Garuda Asia lolos ke semifinal Piala AFF U-15 2019.
tirto.id - Hasil Timnas Indonesia U-15 vs Myanmar di laga terakhir penyisihan Grup A Piala AFF U-15 2019 berakhir dengan skor 4-0. Bermain pada Minggu (4/8/2019) di Stadion IPE Chonburi Campus, gol-gol yang memastikan Garuda Asia lolos ke semifinal dicetak oleh Faizal Shaifullah dan Maselino Ferdinan.

Dengan kemenangan atas Myanmar ini, Timnas Indonesia U-15 total mengoleksi 13 poin di Grup A, hasil 4 kemenangan dan 1 seri dari lima pertandingan. Mereka otomatis lolos tanpa perlu menunggu hasil pertandingan Vietnam kontra Timor Leste yang akan digelar pada Minggu (4/8) pukul 18.00 WIB.

Menghadapi Myanmar yang baru meraih satu kemenangan dari empat laga, Timnas U-15 kembali menurunkan Muhammad Valeron di lini serang.

Menit ke-10, Garuda Asia sudah mampu membobol lawan. Faizal Shaifullah mendapatkan kesempatan dari bola mati. Tendangan bebas yang tipis di luar kotak penalti Myanmar itu diselesaikannya dengan baik, ke arah tiang dekat gawang Htet Arkar Win. Gol tersebut membuat Timnas U-15 semakin percaya diri.

Menit ke-31, tendangan sudut Muhammad Valeron gagal ditangkap dengan sempurna oleh kiper lawan karena koordinasi yang buruk dengan lini belakang. Bola yang terbuang disambar dengan cepat oleh Marselino Ferdinan. Ini adalah gol kelimanya sepanjang turnamen.

Hanya berselang semenit, Faizal Shaifullah mencetak gol keduanya. Namun, wasit tidak mengesahkan gol itu karena sang gelandang asal Persebaya tersebut dianggap melanggar penjaga gawang Myanmar. Dengan keunggulan yang sudah dua gol, nyatanya Garuda Asia masih antusias menambah gol pada babak kedua.

Faizal Shaifullah membobol gawang lawan pada menit ke-43 dengan tembakan datar mematikannya. Selisih yang makin besar membuat Myanmar bernafsu membalas. Namun, kiper Timnas U-15, I Made Putra Kaicen tidak terusik.

Bahkan, 11 menit setelah gol ketiga, tim asuhan Bima Sakti menambah keunggulan jadi empat berkat gol cantik Ruy Arianto yang mengirim bola gantung ke sisi kiri atas gawang Myanmar.

Masih ada satu gol lagi yang dibukukan oleh Timnas U-15, melalui Muhammad Valeron. Skor akhir 5-0 membuat Garuda Asia sementara ada di puncak klasemen Grup A. Mereka memiliki selisih +14 gol. Dengan demikian, jika Timor Leste hanya menang tipis dari Vietnam, maka tim asuhan Bima Sakti akan lolos sebagai juara grup, sedangkan rival mereka tersebut hanya jadi runner-up.

Pencetak Gol: Faizal Shaifullah 9 dan 42, Marselino Ferdinan 31, Ruy Arianto 56, Muhammad Valeron 80+1

Timnas Indonesia U-15:
I Made Putra Kaicen; Alfin Far han Lestaluhu, Marcell Januar, Kadek Arel Priyatna, Dimas Juliono, Ruy Arianto, Marselino Ferdinan, Wahyu Agung, Alexandro Felix Kamuru, Faizal Shaifullah,Muhammad Valeron.

Timnas Myanmar U-15: Htet Arkar Win; Kaung Htet Paing, Kyaw Min Khant, Wai Yan Lin Thu, Htoo Myat Khant, Lat Wai Phone, Wai Phone Myint Kyaw, Kaung Khant, Min Thu, Hein Htet Zaw Win, Sai Sai Enn Htoo

Baca juga artikel terkait PIALA AFF U-15 2019 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus & Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Fitra Firdaus & Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight