Hasil Timnas Indonesia U-23 vs Filipina, Unggul Tipis Berkat Rafli

Oleh: Fitra Firdaus - 9 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 1-0 menjadi hasil Timnas Indonesia U-23 vs Filipina di babak pertama perebutan tempat ketiga Merlion Cup 2019, berkat gol M. Rafli.
tirto.id - Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 sementara unggul 1-0 dari Filipina U-22 di babak pertama laga perebutan tempat ketiga Merlion Cup 2019. Bertanding di Stadion Jalan Besar, Singapura pada Minggu (9/6/2019), gol cepat Muhammad Rafli menjadi pembeda.

Setelah disingkirkan Thailand 1-2 di semifinal Merlion Cup 2019 pada Jumat (7/6/2019), pelatih Indra Sjafri kali ini menurunkan skuad yang lebih segar menghadapi Filipina. Pilihan di depan adalah Muhammad Rafli, yang pada laga sebelumnya tidak masuk starting XI. Selain itu Nadeo Winata, Nurhidayat Haji Haris, Rachmat Irianto, hingga Sani Rizki diberi kesempatan.

M. Rafli membuktikan kelayakannya dipasang sejak awal. Baru enam menit berjalan, ia sudah mengoyak gawang Filipina U-22 yang dikawal oleh Alexanre Arcilla. Ia sukses memanfaatkan cut back dari Sani Rizki yang bergerak di sisi kiri pertahanan lawan.

Beberapa peluang kemudian tercipta untuk Garuda Muda, tetapi tidak berbuah gol. Menit ke-16, Timnas Indonesia U-22 punya peluang dari umpan silang yang berbelok mengenai mistar. Masih ada Rafli, yang belum bisa menambah gol, karena tembakannya dari dalam kotak penalti lagi-lagi mengenai mistar.

Menit ke-31, Garuda Muda kembali menyarangkan bola ke gawang. Namun, aksi Gian Zola memanfaatkan bola muntah tidak disahkan wasit. Bola dianggap telah keluar lapangan terlebih dahulu sebelum dibelokkan Feby Eka ke jalur Zola.

Ketidakberuntungan Indonesia berlanjut pada menit ke-42, ketika Gian Zola tidak bisa menghindarkan bola dari mistar. ada tiga tembakan yang hanya mengenai mistar gawang.

Hingga babak pertama berakhir, dominasi Indonesia tidak berbuah gol lagi. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum, Garuda Muda berpeluang meraih gelar hiburan.



Pencetak Gol: M. Rafli 6

Timnas Indonesia U-22: Nadeo Winata; Andy Setyo, Rifad Marasabessy, Nurhidayat Haris, Rizky Febrianto, Rachmat Irianto, Gian Zola, Sani Rizki, Witan Sulaeman, Feby Eka, Muhammad Rafli

Timnas Filipina U-22: Alexandre Arcilla, Viejay Frigilland, Dylian De Bruycker, Javier Gayoso, Jose Clarino, Ray Sanciangco, John Saldivar, Shanden Vergara, Joshua Broce, Ronald Saavedra, William Grierson

Baca juga artikel terkait MERLION CUP 2019 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus