Hasil Thailand vs Timnas Indonesia Leg 2 Skor 2-2 (6-2), Juara AFF

Penulis: Fitra Firdaus - 1 Jan 2022 21:25 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Thailand vs Timnas Indonesia leg 2 final Piala AFF 2021 berakhir 2-2 agregat 6-2. Thailand jadi juara AFF ke-6 kalinya, Indonesia runner-up ke-6 kali.
tirto.id - Hasil final Piala AFF 2021 leg 2 antara Thailand vs Timnas Indonesia berakhir dengan skor 2-2. Tampil di Stadion Nasional Singapura pada Sabtu (1/1/2021), The War Elephants yang sempat tertinggal oleh gol Ricky Kambuaya, bangkit di babak kedua lewat Adisak Kraisorn dan Sarach Yooyen. Balasan Egy Maulana Vikri tidak bisa memberikan kemenangan untuk Garuda.

Hasil seri 2-2 di leg 2 final Piala AFF 2021 ini membuat Thailand total mengumpulkan agregat 6-2. Tim asuhan Alexandre Polking resmi menjadi juara AFF tahun ini, sekaligus menambah koleksi gelar mereka di turnamen dua tahunan ini jadi 6 kali.

Thailand yang sudah unggul 4-0 di leg pertama menurunkan formasi 4-3-3. Sementara itu, Indonesia memakai pola 4-2-3-1. Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri dikombinasikan di posisi gelandang serang. Sementara itu, Prahama Arhan kembali mengisi sektor kiri pertahanan setelah absen di leg 1.

Indonesia menemukan momentum dengan gol cepat Ricky Kambuaya pada menit 8. Sang gelandang yang mendapatkan bola dari Witan melepaskan tembakan datar yang semestinya bisa ditangkap Siwarak Tedsungnoen. Namun, bola bergulir dari tangan sang kiper Thailand, dan masuk gawang.

Meskipun Thailand mendominasi pertandingan di babak pertama dan melepaskan 5 tembakan, tidak ada satu pun yang masuk jadi gol. Alexandre Polking lantas menyuntikkan Weerathep Pomphan dan Adisak Kraisorn. Hasilnya, The War Elephants lebih tajam di babak kedua.

Gol balasan lahir pada menit 54. Thailand berhasil merebut bola di depan kotak penalti Indonesia. Meskipun Nadeo Argawinata melakukan penyelamatan penting, Garuda kebobolan lewat sang pemain pengganti, Adisak Kraisorn.

Hanya berselang kurang 2 menit, Thailand resmi membalikkan keadaan. Mendapatkan umpan dari Supachok Sarachart, Sarach Yooyen melepaskan tembakan kaki kanan yang tidak bisa disapu oleh Asnawi Mangkualam.

Dengan skor yang 2-1, Indonesia berupaya lebih tajam. Irfan Jaya dan Hanis Saghara disuntikkan. garuda sempat frustrasi. Namun, kebekuan pecah pada menit 80.

Mendapatkan bola dari Irfan, Witan Sulaeman mencongkel bola ke arah lari Egy Maulana Vikri. Sang penyerang sayap FK Senica lantas melepaskan tembakan datar yang membobol gawang Siwarak Tedsungnoen.

Tidak ada yang bisa dilakukan lagi oleh Indonesia. Skor akhir 2-2, untuk keenam kalinya Garuda harus puas jadi runner-up, sedangkan Thailand merebut gelar Piala AFF ke-6 mereka.

Pencetak Gol: Adisak Kraisorn 54', Sarach Yooyen 56'/ Ricky Kambuaya 8', Egy Maulana Vikri 80'

Thailand (4-3-3): Siwarak Tedsungnoen; Narubadin Weerawatnodom, Kritsada Kaman, Pawee Tanthatemee (Weerathep Pomphan 45'), Theerathon Bunmathan; Sarach Yooyen (Janepob Phokhi 84'), Supachok Sarachat, Thanawat Suengchitthawon; Bordin Phala (Philip Roller 71'), Chanathip Songkrasin, Teerasil Dangda (Adisak Kraisorn 45')

Indonesia (4-2-3-1): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam Bahar, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan; Rachmat Irianto (Evan Dimas 74'), Ramai Rumakiek (Irfan Jaya 59'); Ricky Kambuaya, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman; Dedik Setiawan (Hanis Saghara 59', Syahrial Abimanyu 85')

Baca juga artikel terkait PIALA AFF 2021 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight