Hasil Shan United vs Persija di Babak Pertama: Tim Tamu Tertinggal

Oleh: Hendi Abdurahman - 12 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 1-0 menjadi hasil babak pertama laga Shan United vs Persija di Piala AFC 2019, Selasa (12/3/2019).
tirto.id - Babak pertama Shan United vs Persija dalam lanjutan Piala AFC 2019 matchday kedua yang digelar di Stadion Thuwanna, Selasa (12/3/2019) berkesudahan dengan skor sementara 1-0. Tuan rumah unggul berkat gol yang dicetak Ryo Nakamura pada menit 14.

Pelatih Shan United, U Min Thu mengandalkan formasi 4-2-3-1 dengan memasang Maycon Calijuri di lini depan yang ditopang Hedipo Conceicao dari lini tengah. Untuk lini belakang, duet Htike Htike Aung dan Hein Thiha Zaw dipercaya sebagai komando untuk melapisi Min Latt di posisi penjaga gawang.

Di lain pihak, pelatih Ivan Kolev menumpuk pemainnya di lini tengah dengan menggunakan formasi 4-1-4-1. Silvio Escobar dibantu Bruno Matos dan Ramdani Lestaluhu untuk membongkar lini pertahanan tuan rumah. Ryuji Utomo yang kerap mengisi lini belakang diparkir untuk memberi kesempatan kepada Steven Paulle berduet dengan Maman Abdurahman di jantung pertahanan.




Babak pertama berjalan delapan menit, Persija hampir saja menggetarkan gawang Myo Min Latt andai sundulan Heri Susanto tak kelewat tinggi. Peluang Heri tersebut didapat setelah menerima tandukkan Silvio Escobar. Skor tetap 0-0.

Alih-alih mencetak gol, Macan Kemayoran justru kebobolan pada menit 14 lewat sontekan Ryo Nakamura usai memanfaatkan kelengahan barisan pertahanan yang digalang Maman Abdurahman dan kawan-kawan. Skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Tertinggal satu angka membuat skuat asuhan Ivan Kolev berusaha mengendalikan permainan. Pada menit 26, Bruno Matos menyisir sisi kanan pertahanan Shan United untuk kemudian melepaskan tendangan keras. Sayang, sepakannya melebar tipis di sebelah kiri.

Tiga menit jelang paruh pertama usai, Persija lagi-lagi mendapat peluang melalui tendangan bebas Bruno Matos. Namun, sepakan pemain asal Brasil tersebut masih bisa diselamatkan mistar gawang.

Peluang Bruno Matos menjadi yang terakhir di babak pertama karena tak lama berselang, wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya 45 menit pertama.

Susunan Pemain Shan United vs Persija

Shan United: Myo Min Latt; Hein Thiha Zaw; Htike Htike Aung; David Htan; Ye Min Thu; Zin Min Tun; Hedipo Conceicao; Ryo Nakamura; Set Phyo Wai; Yan Naing Oo; Maycon Calijuri.

Persija: Shahar Ginanjar; Steven Paulle; Maman Abdurahman; Ismed Sofyan; Dany Saputra; Ramdani Lestaluhu; Bruno Matos; Rohit Chand; Heri Susanto; Riko Simanjuntak; Silvio Escobar.

Baca juga artikel terkait PIALA AFC 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight