Hasil Shakhtar Donetsk vs Manchester City di UCL 2019 Skor 0-3

Oleh: Ibnu Azis - 19 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Liga Champions 2019 Grup C laga Shakhtar Donetsk vs Manchester City berkesudahan dengan skor akhir 0-3.
tirto.id - Pasukan Josep Guardiola sukses mengemas poin penuh setelah pertandingan Shakhtar Donetsk vs Manchester City berkesudahan dengan skor akhir 0-3. Laga perdana Grup C Liga Champions musim 2019/2020 ini berlangsung di Stadion Metalist, Kharkiv, Ukraina pada Kamis (19/9/2019) dini hari waktu Indonesia.

3 gol kemenangan The Citizens tercipta melalui Riyadh Mahrez pada menit ke-24 dan Ilkay Gundogan pada menit ke-38. Sisanya, dicetak oleh Gabriel Jesus pada menit ke-76. Meski menang, City tak di puncak klasemen sementara Grup C.

Mahrez membuka keunggulan City setelah beberapa kali percobaan yang dilakukan para penggawa The Sky Blues tak berbuah hasil. Diawali dari tembakan tak tepat sasaran Nicolás Otamendi pada menit ke-10, hingga tembakan kaki kanan Gabriel Jesus yang masih bisa diblok Andriy Pyatov pada menit ke-22.

Terus menekan, The Citizens akhirnya berhasil membungkam publik Metalist usai sepakan jarak dekat Mahrez dari area terlarang tak mampu dibendung Pyatov. Pemain berkewarganegaraan Aljazair kelahiran Perancis ini sukses menempatkan si kulit bundar di bagian tengah atas gawang.

Mahrez juga berperan atas terciptanya gol kedua City berkat assist-nya yang dituntaskan dengan sempurna oleh Gundogan. Gol pemain asal Jerman ini sekaligus menutup laga babak pertama Shakhtar Donetsk vs Manchester City dengan skor 0-2.

Sepanjang 45 pertama, tuan rumah hanya sekali mengancam Ederson. Peluang ini tercipta dari kaki kiri Júnior Moraes pada menit ke-35, tapi penempatan si kulit bundar ke bagian tengah gawang Ederson mudah untuk diantisipasi.

Pada babak kedua tepatnya menit ke-50, Moraes kembali mengancam pertahanan City. Barawal dari umpan Ismaily, Moraes melepaskan tembakan jarak jauh dari luar kotak penalti. Sepakan spekulasi itu hanya menyamping di sebelah kiri gawang Ederson.

3 menit setelahnya, Raheem Sterling nyaris menambah keunggulan City jika sepakannya tak membentur tiang gawang. Otamendi yang bermain apik pada babak pertama juga tak kalah agresif, meski sundulan jarak dekat bek Argentina ini hanya menyamping, menuntaskan umpan silang Kevin De Bruyne.

Kerja sama apik Sterling-De Bruyne membuat pertahanan Shakhtar Donetsk kocar-kacir. Berawal dari open play, De Bruyne menuntaskan umpan matang Sterling pada menit ke-68. Meski menyamping, peluang ini meredam semangat pasukan Luis Castro untuk mengejar ketertinggalan.

Hal itu terlihat dari gol ketiga City yang tercipta dari kaki kiri Gabriel Jesus pada menit ke-76, menyelesaikan assist cerdik De Bruyne. Usai gol ini, Shakhtar Donetsk seakan tak mampu memberi perlawanan, hingga laga rampung dengan skor 0-3 untuk keunggulan The Citizens.

Statistik mencatat, Manchester City mendominasi serangan dengan 18 peluang yang 5 di antaranya tepat sasaran. Sementara Shakhtar Donetsk, dari 6 kali percobaan, hanya 1 yang mengancam gawang Ederson. City juga unggul dalam penguasaan bola, yakni 54% berbanding 46% dari tuan rumah.

Atas hasil ini, City menempati posisi runner-up di bawah Dinamo Zagreb kendati sama-sama mengemas 3 poin. Dinamo Zagreb sendiri unggul selisih gol lantaran menang 4-0 atas Atalanta pada waktu bersamaan. Adapun Shakhtar Donetsk dan Atalanta masing-masing tak mengoleksi poin yang secara berturut-turut menghuni peringkat ke-3 dan ke-4 di tabel klasemen sementara Grup C.

Susunan Pemain

Shakhtar Donetsk (4-2-3-1): Andriy Pyatov (GK); Sergiy Bolbat, Sergey Kryvtsov, Mykola Matvyenko, Ismaily; Taras Stepanenko, Alan Patrick; Marlos Bonfim, Taison, Manor Solomon; Júnior Moraes.

Cadangan: Oleksiy Shevchenko (GK), Bogdan Butko, Valerii Bondar, Marcos Antonio, Dentinho, Yevhen Konoplyanka, Viktor Kovalenko.

Manchester City (4-3-3): Ederson (GK); Kyle Walker, Nicolas Otamendi, Fernandinho, Oleksandr Zinchenko; Ilkay Gundogan, Rodri, Kevin De Bruyne; Riyad Mahrez, Raheem Sterling, Gabriel Jesus.

Cadangan: Claudio Bravo (GK), Sergio Aguero, Bernardo Silva, David Silva, Benjamin Mendy, Joao Cancelo, Eric Garcia.


Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight