Hasil Semifinal Piala Sudirman 2019: Indonesia Keok 1-3 Atas Jepang

Oleh: Oryza Aditama - 25 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Indonesia vs Jepang pada semifinal Piala Sudirman 2019 hari ini berkesudahan dengan skor akhir 1-3.
tirto.id - Tim bulu tangkis beregu campuran Indonesia gagal melangkah ke final Piala Sudirman 2019, usai takluk 1-3 di babak semifinal atas Jepang. Melakoni rangkaian laga di Guangxi Sports Center, Nanning, Cina, Sabtu (25/5/2019), tim Merah Putih kehilangan poin dari nomor tunggal putri, tunggal putra, dan ganda putri. Sementara satu-satunya poin Indonesia didapat dari sektor ganda putra.

Tim Merah Putih sebenarnya mengawali laga dengan cukup baik. Mereka mampu unggul 1-0 terlebih dulu berkat aksi ganda putra peringkat 1 dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, yang berhasil mengandaskan pasangan Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

"Kami lebih siap dari start awal, kami sudah sering ketemu mereka, kami sudah tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing, mereka juga tahu kelebihan dan kekurangan kami. Hari ini kami lebih siap dan lebih sabar," ujar Kevin Sanjaya selepas laga, seperti dikutip dari laman PBSI, Sabtu (25/5).

Sayang keunggulan Indonesia sejak partai pertama tak bertahan lama, pasalnya tim Jepang mampu melibas tiga partai berikutnya.

Gregoria Mariska Tunjung yang turun di nomor tunggal putri, tak sanggup menandingi dominasi Akane Yamaguchi, yang beberapa pekan lalu baru saja merengkuh gelar juara Badminton Asia Championships 2019.

Anthony Sinisuka Ginting yang turun di nomor tunggal putra, juga gagal membendung pemain nomor 1 dunia sekaligus Juara Dunia 2018, Kento Momota. Bertarung selama 1 jam 6 menit, Anthony menyerah dua set langsung dengan skor 17-21, 19-21.

Kemenangan tim Jepang dipastikan oleh ganda putri nomor 1 dunia, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara, yang berhasil merebut angka ketiga, berkat kemenangan atas ganda putri andalan Indonesia, Greysia Polii/Apiyani Rahayu.

Untuk laga final Piala Sudirman 2019 yang akan digelar hari Minggu besok (26/5) tim Jepang telah ditunggu tuan rumah Cina, yang pada pertandingan sesi pagi berhasil menjungkalkan Thailand lewat skor telak 3-0.


Berikut ini hasil lengkap pertandingan Indonesia vs Jepang di semifinal Piala Sudirman 2019, Sabtu (25/5/2019).

  • [Ganda Putra] Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Indonesia) vs Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (Jepang) / 21-14, 21-18.
  • [Tunggal Putri] Gregoria Mariska Tunjung (Indonesia) vs Akane Yamaguchi (Jepang) / 13-21, 13-21.
  • [Tunggal Putra] Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia) vs Kento Momota (Jepang) / 17-21, 19-21.
  • [Ganda Putri] Greysia Polii/Apriyani Rahayu (Indonesia) vs Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (Jepang) / 15-21, 17-21
  • [Ganda Campuran] Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (Indonesia) vs Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang) –tidak dipertandingkan-

Baca juga artikel terkait PIALA SUDIRMAN 2019 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Ibnu Azis
DarkLight