Hasil Semifinal Piala Menpora 2021: Persija vs PSM Skor 0-0

Oleh: Hendi Abdurahman - 15 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Piala Menpora hari ini: laga Persija vs PSM dalam semifinal leg 1 Piala Menpora 2021 berakhir seri.
tirto.id - Hasil Persija vs PSM dalam semifinal leg 1 Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (15/4/2021) malam berakhir dengan skor 0-0. Tampil dengan tensi tinggi, peluang demi peluang yang ditorehkan kedua tim gagal berbuah gol.

Pelatih Persija, Sudirman, memasang sejumlah pemain andalannya. Di lini pertahanan, Andritany Ardhiyasa menjadi komando yang ditopang oleh 4 bek yakni Marco Motta, Otavio Dutra, Yann Motta, dan Novri Setiawan.

Sementara posisi gelandang ditempati Marc Klok, Ramdani Lestaluhu, serta Rohit Chand. Adapun lini serang diisi Heri Susanto, Osvaldo Haay, dan Marko Simic.

Di lain pihak, PSM arahan Syamsuddin Batola tidak melakukan perubahan berarti. Duet penyerang muda, Saldy dan Yakob Sayuri dipilih guna membongkar pertahanan Macan Kemayoran. Kombinasi penggawa senior-junior pun terlihat dari starting XI.

Zulkifli Syukur, sebagai contoh, ditemani sejumlah pemain muda seperti Sutanto Tan dan M. Rizky. Sedangkan Patrich Wanggai dan Zulham Zamrun disimpan di bangku cadangan.

Di babak pertama, Persija langsung tampil menekan dengan menguasai jalannya pertandingan. Pada menit 19, tendangan on target pertama diciptakan Osvaldo Haay. Namun, Hilman Syah, kiper PSM, berada di posisi yang tepat untuk mengantisipasi datangnya bola.

Duel berlangsung dengan tensi tinggi. Beberapa kali Sutanto Tan dan Marco Motta terlibat bentrok keras. Tercatat, kedua tim masing-masing mendapatkan 3 kartu kuning sebelum cooling break.

Memasuki menit 36, giliran Juku Eja yang tampil lebih dominan. Satu peluang berbahaya diperoleh Rasyid Bakri yang melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, tapi masih bisa ditepis Andritany. Hingga paruh pertama usai, skor tetap 0-0.

Pergantian beberapa pemain terjadi di babak ke-2. Di kubu Persija, pelatih Sudirman menurunkan Riko Simanjuntak guna menambah daya dobrak. Keputusan tersebut membuat serangan Macan Kemayoran lebih menggigit.

Pada menit 60, kerja sama Riko Simanjuntak dan Marko Simic nyaris membuahkan gol. Kecepatan Riko yang menyisir dari sisi kanan diakhiri dengan menyodorkan umpan cutback. Bola dikontrol Simic, tetapi sepakan penyerang asal Kroasia tersebut masih terlampau lemah.

Sadar butuh kemenangan sebagai modal di laga leg kedua, PSM memasukkan Patrich Wanggai. Kendati lini pertahanan Persija sulit ditembus, beberapa kali para pemain Juku Eja merepotkan.

Alih-alih mencetak gol, Persija justru mesti bermain dengan 10 orang. Pasalnya, Marco Motta mendapatkan kartu kuning kedua usai terlibat insiden dengan Abdul Rachman.

Meski unggul jumlah pemain, PSM tak mampu memanfaatkan keuntungan. Skor 0-0 pun berakhir hingga pertandingan usai.

Dengan hasil ini, leg kedua yang dijadwalkan dihelat di Stadion Manahan, Solo, pada Minggu 18 April 2021 akan sangat menentukan bagi kedua tim untuk lolos ke partai puncak.

Susunan Pemain

Persija: Andritany; Marco Motta, Otavio Dutra, Yann Motta, Novri Setiawan; Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu, Marc Klok; Heri Susanto, Osvaldo Haay, Marko Simic.

Cadangan: Adixi Lenzivio, Yoewanto Beny, Alfath Fathier, Salman Alfarid, Tony Sucipto, Braif Fatari, Riko Simanjuntak, Sandi Sute, Alfriyanto Nico, Taufik.

PSM: Hilman Syah; Zulkifli Syukur, Hasim Kipuw, Erwin Gutawa, Abdul Rachman; Rasyid Bakri, Sutanto Tan, M. Arfan, M. Rizky; Saldy, Yakob Sayuri.

Cadangan: Syaiful; Ahmad, M, Fahri, Renaldi, Yance Sayuri, M. Aji, M. Farhan, Zulham Zamrun, M. Rifky, Patrich Wanggai.

Baca juga artikel terkait PIALA MENPORA 2021 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Addi M Idhom
DarkLight