Piala Menpora 2021

Hasil Semifinal Piala Menpora 2021: Duel Persib vs Persija di Final

Oleh: Beni Jo - 19 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Hasil semifinal Piala Menpora 2021 leg 2 PSS vs Persib 1-1 (agregat 2-3) Maung Bandung lolos ke final lawan Persija dalam El Clasico Indonesia.
tirto.id - Hasil laga PSS vs Persib dalam leg kedua semifinal Piala Menpora 2021 berakhir dengan skor imbang 1-1 di Stadion Manahan, Solo. Gol Saddam Gaffar dari kubu Super Elja dibalas Ezra Walian dari Maung Bandung. Dengan hasil pada Senin (19/4/2021) ini, Persib lolos ke final Piala Menpora dan bertemu dengan Persija.

Dalam kondisi tertinggal akibat kekalahan 1-2 pada leg pertama lalu, PSS tetap menurunkan komposisi utama. Tidak ada perubahan signifikan yang dilakukan oelatih Dejan Antonic.

Yang cukup menarik ialah dipasangnya Arthur Irawan sejak menit awal. Selain itu, juga ada Derry Rahman dalam starting XI. Di lini depan, PSS tetap mengandalkan bomber muda Saddam Gaffar yang ditopang Irfan Jaya dan Nico Velez.

Sedangkan Persib menurunkan duet Ezra Walian dan Wander Luiz sebagai penyerang utama. Sebelumnya, kedua pemain ini absen dalam kemenangan yang dipetik Maung Bandung atas PSS di Stadion Maguwoharjo lalu.

Persib mengawali menit-menit awal dengan tusukan ke pertahanan lawan. Laga belum genap berjalan selama 5 menit, Ezra Walian sudah mampu melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti. Namun, arah bola tendangan eks pemain PSM itu melenceng tipis ke sisi kanan gawang Ega Rizky.

Sedangkan upaya PSS untuk melakukan upaya serangan masih saja mengalami kebuntuan. Usaha anak asuh Dejan Antonic belum mampu menembus pertahanan Persib, setidaknya selama 15 menit awal pertandingan.

Menit ke-23, Super Elja akhirnya melakukan ancaman. Berdiri di pojok kotak 16 pas, aksi Irfan Jaya melayang di atas mistar gawang yang dijaga I Made Wirawan.

Memasuki awal babak kedua, aksi Irfan Jaya kembali membuat kerepotan pertahanan Maung Bandung. Mantan winger Persebaya ini melepaskan tembakan jarak jauh. Namun, Made Wirawan kali ini mampu menangkap si kulit bundar.

Menit 59, giliran Persib yang mengancam. Frets Butuan berlari ke area penalti dengan menggiring bola. Hasil lesakannnya bisa dimentahkan Miswar Syahputra yang tampil menggantikan posisi Ega Rizky.

Super Elja harus bermain dengan 10 pemain pada menit ke-63. Fabiano Beltrame mendapatkan kartu kuning kedua hingga berbuah kartu merah yang membuatnya diusir keluar lapangan.

Kalah dalam jumlah pemain, PSS justru berhasil memecah kebuntuan. Saddam Gaffar, bomber Timnas Indonesia U-19, menjebol gawang Persib pada menit ke-73. Skor langsung berubah 1-0 untuk keunggulan Super Elja. Agregat sementara pun menjadi imbang 2-2.

Dalam kondisi tertinggal, Persib menyamakan kedudukan menit ke-84. Mendapatkan umpan silang yang dikirim ke kotak penalti, Ezra Walian menyambar bola via sundulan dan mengoyak gawang PSS. Skor imbang 1-1 dan agregat berubah 2-3 untuk keunggulan Maung Bandung.

Hingga wasit meniup panjang peluitnya, tidak ada lagi gol yang tercipta. Skor tetap bertahan imbang 1-1. Dengan demikian, Persib akhirnya melangkah ke partai final dengan keunggulan agregat 3-2 atas PSS.

Pencetak Gol: Saddam Gaffar 73' (PSS)/ Ezra Walian 84' (Persib)

Daftar Susunan Pemain

PSS Sleman (4-2-3-1): Ega Rizky; Bagus Nirwanto, Fabiano Beltrame, Mario Maslac, Derry Rahman; Kim Kurniawan, Aaron Evans; Arthur Irawan, Irfan Jaya, Nico Velez; Saddam Gaffar.

Cadangan: Miswar Syahputra, Fandry Imbiri, Wahyu Sukarta, Fitra Ridwan, Rafi Angga, Irkham Mila, Jefri Kurniawan, Misbakus Solihin, Ocvian, Samsul Arifin.

Persib Bandung (4-4-2): I Made Wirawan; Supardi Nasir, Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Ardi Idrus; Dedi Kusnandar, Beckham Putra, Febri Hariyadi, Frets Butuan; Ezra Walian, Wander Luiz.

Cadangan: Teja Paku Alam, Achmad Jufriyanto, Henhen, Zalnando, Abdul Aziz, Erwin, Agung , Farshad Noor, Ferdinand Sinaga.

Baca juga artikel terkait PIALA MENPORA 2021 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight