Hasil Seleksi Mandiri Universitas Udayana Bali Diumumkan 24 Juli

Oleh: Yuliana Ratnasari - 23 Juli 2018
Seperti dilansir situs web resmi unud.ac.id, pengumuman hasil seleksi mandiri penerimaan mahasiswa baru Unud ini akan dibuka pada Selasa, 24 Juli 2018.
tirto.id - Seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2018/2019 melalui jalur mandiri turut dibuka di Universitas Udayana, Bali. Ada pun ujian tulis mandiri ini telah diselenggarakan pada 15 Juli lalu dan diikuti sebanyak 4.257 peserta.

Sebelum dilaksanakan ujian tulis, pendaftaran secara online dibuka pada 22 Mei hingga 10 Juli 2018. Tercatat, pendaftar ujian mandiri Universitas Udayana (Unud) kali ini sebanyak 8.077 orang.

Namun, peserta yang memenuhi syarat mengikuti seleksi mandiri hanya 4.257 orang. Nantinya, peserta akan diseleksi lagi untuk hingga tersisa 2.500 orang calon mahasiswa baru.

Seperti dilansir situs web resmi unud.ac.id, pengumuman hasil seleksi mandiri penerimaan mahasiswa baru Unud ini akan dibuka pada Selasa, 24 Juli 2018. Peserta yang dinyatakan lolos selanjutnya diharuskan untuk melakukan registrasi ulang yang diselenggarakan mulai 28 Juli hingga 1 Agustus 2018.

Selain itu, calon mahasiswa Unud yang lulus seleksi juga diwajibkan membayar biaya pendidikan Uang Kuliah Tunggal setiap semester. Ada pula bayaran berupa Sumbangan Pengembangan Institusi yang dibayarkan saat registrasi ulang, satu kali selama kuliah di Unud.

Jalur mandiri untuk penerimaan mahasiswa baru tahun 2018 kali ini adalah seleksi ketiga yang diadakan Unud. Pelaksanaan ujian diadakan di tiga lokasi yaitu Kampus Unud Sudirman dan Kampus Nias Denpasar untuk kelompo ujian saintek dan campuran, sedangkan soshum dilaksanakan di Kampus Unud Bukit Jimbaran.

Materi yang diujikan dalam ujian tersebut adalah Tes Kemampuan Dasar dan Tes Potensi Akademik. Dalam seleksi kali ini fakultas yang paling banyak peminatnya antara lain Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta Fakultas Kedokteran.


Baca juga artikel terkait SELEKSI MANDIRI UNUD atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Pendidikan)


Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari