Liga Champions 2019

Hasil Schalke vs Manchester City, Tim Tamu Menangi Drama Lima Gol

Oleh: Fitra Firdaus - 21 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Gol Leroy Sane dan Raheem Sterling dalam lima menit terakhir membuat hasil Schalke vs Manchester City ditutup dengan skor 2-3 dalam leg pertama 16 besar Liga Champions pada Kamis (21/2/2019).
tirto.id - Gol Leroy Sane Raheem Sterling sukses membuat Manchester City membalikkan skor jadi 2-3 atas Schalke di leg pertama 16 besar Liga Champions pada Kamis (21/2/2019). Bermain 10 orang karena kartu merah Nicolas Otamendi, tim tamu mampu memetik kemenangan penting di Veltins Arena.

Pasukan Pep Guardiola yang berangkat sebagai unggulan dalam laga ini, turun dengan formasi 3-6-1 mengandalkan Sergio Aguero sebagai ujung tombak. Mereka secara keseluruhan mendominasi permainan, dibandingkan Schalke yang menerapkan pola 3-4-1-2.

Manchester City total memiliki 68 persen penguasaan bola, dengan 21 tembakan, 6 di antaranya tepat sasaran. Sementara itu, tuan rumah hanya melepaskan 6 percobaan, dua di antaranya mengarah gawang Ederson.

Namun, butuh waktu panjang bagi City menaklukkan Veltins Arena. Sempat unggul lewat penalti Sergio Aguero, tim tamu kebobolan oleh dua penalti Nabil Bentaleb. Barulah dalam lima menit terakhir laga, The Citizens mendapatkan dua gol yang mengubah hasil akhir.

Menit 18, blunder fatal dilakukan oleh Ralph Fahrmann dengan umpan pendek kepada Salif Sane yang ada dalam tekanan David Silva. Akibatnya, Silva sukses menyerobot bola, lantas mengumpan kepada Sergio Aguero. Mudah saja untuk sang penyerang Argentina membawa timnya unggul. Ini membuat Aguero mengemas 10 gol dalam 7 laga terakhir.

Manchester City tampak di atas angin sampai kejadian pada menit ke-34. Nicolas Otamendi melakukan handball di kotak terlarang. Butuh waktu dan bantuan VAR sebelum wasit menunjuk titik putih. Penalti untuk tuan rumah, Nabil Bentaleb yang menjadi eksekutor sukses menaklukkan Ederson.

Kesalahan kecil kembali berpengaruh untuk pertahanan City. Fernandinho menjatuhkan Salif Sane di kotak terlarang setelah skema tendangan bebas Schalke. Sekali lagi wasit menunjuk titik putih. Nabil Bentaleb maju untuk kedua kalinya berhadapan satu lawan satu dengan Ederson, dan dia menuntaskan eksekusi dengan baik.

Skor 2-1 yang dibawa hingga turun minum, membuat Manchester City bekerja keras sejak awal babak kedua. Namun, seperti yang terjadi sebelum turun minum, The Citizens yang mendominasi penguasaan bola, bermasalah dalam penyelesaian akhir.



Sebaliknya, lini belakang tim tamu benar-benar bermasalah. Menit ke-68, Otamendi harus menerima kartu merah setelah melanggar Guido Burgstaller yang baru saja masuk. City timpang, dan Guardiola dipaksa mencopot David Silva untuk masuknya Vincent Kompany.

Percobaan lain dilakukan Pep dengan menarik Aguero dan memainkan mantan bintang Schalke, Leroy Sane. City yang sempat kehilangan intensitas pada akhirnya bisa mendapatkan gol penyama kedudukan. Pelanggaran Daniel Caligiuri kepada Raheem Sterling membuat City mendapatkan tendangan bebas. Leroy Sane mengirim tembakan melengkung ke sudut kanan gawang menaklukkan Fahrmann.

Gol tersebut ibarat pemicu besar untuk Manchester City. Buktinya, menit ke-90, mereka membalikkan skor. Ederson mengirim umpan panjang yang diambil Raheem Sterling. Winger Inggris itu menembak bola ke sudut gawang, skor berubah 2-3.




Pencetak Gol: Nabil Bentaleb 38 penalti dan 45 penalti (Schalke) | Sergio Aguero 18, Leroy Sane 85, Raheem Sterling 90 (Manchester City)

Kartu Merah: Nicolas Otamendi 68 (Manchester City)

SCHALKE (3-4-1-2): Ralf Fahrmann; Jeffrey Bruma, Salif Sane, Matija Nastastic; Daniel Caligiuri, Suat Serdar, Weston McKennie (Steven Skrzybski 78), Bastian Oczipka; Nabil Bentaleb; Mark Uth (Amine Harit 87), Hamza Mendyl (Guido Burgstaller 67)

cadangan: Rabbi Matondo, Alexander Nubel, Ahmed Kutucu, Sebastian Rudy

MANCHESTER CITY (3-2-4-1): Ederson; Kyle Walker, Nicolas Otamendi, Aymeric Laporte; Fernandinho, Ilkay Gundogan; Bernardo Silva, Kevin De Bruyne (Oleksandr Zinchenko 78), David Silva (Vincent Kompany 70), Raheem Sterling; Sergio Aguero (Leroy Sane 78).

cadangan: Riyad Mahrez, Danilo, Arijanet Muric, Phil Foden.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus