Liga Italia Serie A

Hasil Sassuolo vs Napoli dan Leganya Gennaro Gattuso

Oleh: Iswara N Raditya - 23 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Gennaro Gattuso meraih kemenangan perdananya di Liga Italia Serie A 2019/2020 dalam laga Sassuolo vs Napoli.
tirto.id - Hasil pertandingan Sassuolo vs Napoli dalam lanjutan Liga Italia Serie A pekan 17 berakhir dengan skor 1-2 untuk Partenopei. Kemenangan ini tentunya amat melegakan bagi Gennaro Gattuso selaku pelatih baru Napoli setelah menelan kekalahan di kandang sendiri dari Parma dalam laga debutnya pekan lalu.

Digelar pada 23 Desember 2019 di MAPEI Stadium yang merupakan markas Sassuolo, Gattuso sebenarnya sempat berharap-harap cemas lantaran Napoli tertinggal terlebih dulu. Gol tuan rumah yang dicetak oleh Hamed Junior Traore pada menit 29 berpotensi semakin menebalkan keraguan publik atas kelayakan Si Badak membesut Napoli.

Pada menit 57 babak kedua, Napoli bisa menyamakan kedudukan berkat gol Allan. Akhirnya, kelegaan Gattuso baru membuncah beberapa detik menjelang pertandingan berakhir setelah pemain Sassuolo, Pedro Obiang, membobol gawang sendiri alias mencetak gol bunuh diri pada masa injury time.

Munculnya nama Gattuso sebagai pelatih baru Napoli sebenarnya masih menjadi perdebatan di kalangan pecinta sepak bola, khususnya tifosi Liga Italia Serie A. Pengalaman dan kualitas mantan gelandang AC Milan ini kerap dibanding-bandingkan dengan pelatih Partenopei sebelumnya, Carlo Ancelotti.


Antara Gattuso dan Ancelotti sebenarnya terjalin hubungan baik. Gattuso adalah salah satu pemain andalan Don Carlo saat membesut AC Milan dan ia mengaku sangat terinspirasi dengan sosok pelatih berpengalaman itu. Ibarat kata, Ancelotti adalah mentornya Gattuso.

“Ancelotti sudah seperti bapak buat saya. Ia selalu dekat dengan saya dan mendukung saya. Ia sudah memenangkan segalanya dan saya masih harus banyak pembuktian," kata Gattuso lewat akun Twitter Napoli tak lama setelah diperkenalkan sebagai pelatih baru Partenopei.

Gattuso pun bertekad akan mengangkat kembali prestasi Napoli. “Tujuan saya adalah meraih poin dan mengembalikan tim ke zona Liga Champions,” tandas pelatih muda yang sebelumnya pernah membesut Sion, Palermo, OFI Crete, Pisa, dan AC Milan ini.

Setelah tidak lagi menangani AC Milan sejak diberhentikan pada April 2018 silam, Gattuso memang belum melatih lagi. Terlebih, jejak rekamnya di kancah kepelatihan belum pernah membuahkan hasil yang amat bisa dibanggakan.


Suara-suara miring semakin terdengar setelah Lorenzo Insigne dan kawan-kawan dipermalukan Parma dengan skor 1-2 di San Paolo pada 15 Desember 2019 lalu. Ini merupakan pertandingan perdana Gattuso bersama Napoli di Serie A.

Kemenangan penting di markas Sassuolo seolah mulai meredam segala bunyi sumbang, setidaknya memercikkan kelegaan bagi Gattuso. Namun, pria berusia 41 tahun ini sudah ditunggu ujian berat karena Napoli akan menghadapi sang penguasa klasemen Serie A sementara, Inter Milan, pekan depan.

Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight