Semifinal Copa del Rey 2019

Hasil Real Madrid vs Barcelona, Suarez Bawa Juara Bertahan ke Final

Oleh: Fitra Firdaus - 28 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 0-3 menjadi hasil semifinal Copa del Rey 2018/2019 leg kedua antara Real Madrid vs Barcelona berkat dua gol Luis Suarez dan satu gol bunuh diri Raphael Varane. Barca unggul agregat 1-4 dan ke final.
tirto.id - Luis Suarez mencetak dua gol yang menjadi kunci laga Real Madrid vs Barcelona di Santiago Bernabeu pada Kamis (28/2/2019) berakhir dengan skor 0-3. Dengan hasil leg kedua semifinal Copa del Rey 2018/2019 ini, Barca sang juara bertahan lolos ke final melalui agregat 1-4.

Real Madrid resmi gagal meraih treble musim ini setelah disingkirkan Barcelona di Copa del Rey. Padahal dalam laga di Bernabeu, tuan rumah tercatat melepaskan total 13 tembakan sepanjang laga, berbanding 4 milik tim tamu. Namun, pada akhirnya Barca yang melaju ke partai puncak dan menunggu pemenang antara Valencia dan Real Betis.

Pada babak pertama, Barcelona mendominasi penguasaan bola. Meskipun demikian, Real Madrid yang lebih banyak menghasilkan peluang. Hanya saja, penyelesaian akhir Vinicius Junior yang buruk membuat skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Pemain asal Brasil itu memiliki lima tembakan dalam 45 menit awal, tetapi hanya satu yang mengarah ke gawang Marc Andre ter Stegen. Kegagalan ini terasa benar karena menit ke-50, Barcelona memimpin berkat Luis Suarez.

Sang penyerang bagai tak terlihat di babak pertama. Namun, menerima cut back Ousmane Dembele, El Pistolero mengirim tembakan yang tak bisa diamankan Keylor Navas. Tertinggal 0-1, Real Madrid kemudian semakin ambisius.



Menit ke-60, Reguilon mengirim umpan yang tinggal diselesaikan oleh Lucas Vazquez. Namun, sang pemain sayap gagal menjangkau. Melihat keadaan ini, Santiago Solari bertindak dengan memasukkan Gareth Bale untuk Vazquez delapan menit berselang.

Bukannya mencetak gol, Madrid justru kebobolan lagi pada menit ke-69. Nelson Semedo mengirim bola kepada Dembele. Sang penyerang asal Perancis lantas melepaskan bola silang datar, yang justru didorong Raphael Varane masuk ke gawang sendiri, mendahului sergapan Suarez.

Situasi semakin berantakan untuk tuan rumah setelah Casemiro menjatuhkan El Pistolero di kotak penalti. Hukuman tendangan 12 pas dieksekusi sendiri oleh Suarez, dan bola masuk. Dalam waktu 17 menit terakhir, pasukan Solari mesti mengejar tiga gol.

Ernesto Valverde memilih langkah preventif dengan menurunkan Arturo Vidal dan Philippe Coutinho menjelang akhir laga demi mengamankan agregat. Kedudukan akhir tidak berubah. Barcelona menang 0-3 di Santiago Bernabeu dan lolos ke final Copa del Rey.

Pencetak Gol: Luis Suarez 50 dan 73 penalti, Raphael Varane 69 bunuh diri (Barcelona)

REAL MADRID (4-3-3): Keylor Navas; Daniel Carvajal, Sergio Ramos, Raphael Varane, Sergio Reguilon; Toni Kroos, Casemiro (Federico Valverde 75), Luka Modric; Lucas Vazquez (Gareth Bale 68), Karim Benzema, Vinicius Junior (Marco Asensio 81)

cadangan: Thibaut Courtois, Nacho, Dani Ceballos, Marcelo.

BARCELONA (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Nelson Semedo, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Sergi Roberto, Sergio Busquets (Arthur 86), Ivan Rakitic; Lionel Messi, Luis Suarez (Arturo Vidal 75), Ousmane Dembele (Philippe Coutinho 75).

cadangan: Jasper Cillessen, Carles Alena, Samuel Umtiti, Malcom

Baca juga artikel terkait COPA DEL REY atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight