Hasil Qatar vs UEA: Dua Gol Buat The Maroon Unggul di Babak Pertama

Oleh: Hendi Abdurahman - 29 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 2-0 menjadi hasil babak pertama antara Qatar vs UEA di semifinal Piala Asia 2019.
tirto.id - Laga Qatar vs UEA di semifinal Piala Asia 2019 yang dihelat di Stadion Mohammed Bin Zayed, Selasa (29/1/2019) berkesudahan dengan skor 2-0 di babak pertama. Gol dari Boualem Khoukhi dan Almoez Ali membawa The Maroon unggul di paruh pertama.

Pelatih Qatar, Felix Sanchez menggunakan formasi 5-3-2 dengan dua penyerang diisi Almoez Ali dan Akram Afif. Sementara lini tengah ditempati oleh Hasan Al Haydos, Salem Al Hajri, dan Karim Boudiaf. Adapun lini belakang dikomandoi Boualem Khoukhi untuk melapisi Saad Al Sheeb di posisi penjaga gawang.

Di lain pihak, UEA memakai patron 4-2-3-1 dengan Ali Ahmed Mabkhout ditugaskan sebagai juru gedor di lini depan. Safid Rashid, Bandar Mohammed, dan Ismail Al Hamadi menjadi pemain yang mengatur sekaligus menjaga lini tengah. Sementara lini belakang dipercayakan kepada duet Ismail Ahmed dan Fares Juma Al Saadi.

Peluang pertama di awal laga diperoleh Qatar pada menit 12 melalui Salem Al Hajri. Memiliki keleluasaan setelah melakukan dribble di area tengah, pemain berusia 22 tahun itu melepaskan sepakan ke arah gawang. Namun, tendangannya masih terlampau lemah dan dapat diamankan dengan mudah oleh Khalid Eisa.

Keadaan berubah. Gol tercipta untuk Qatar pada menit ke-22. Diawali keberhasilan dalam perebutan bola di lini pertahanan, The Maroon melakukan transisi menyerang yang cepat. Boualem Khoukhi yang menyisir lewat sisi kiri pertahanan UEA membuat keadaan menjadi dua lawan dua. Pemain bernomor punggung 16 itu melepaskan tendangan mengarah ke gawang. Meski tak terlalu kencang, Khalid Eisa gagal menghalau bola. Skor 1-0.

Tuan rumah merespon lima menit kemudian melalui Ismail Al Hamadi setelah mendapat crossing dari Walid Abbas Murad. Sayang, tandukkannya masih dapat diantisipasi oleh Saad Al Sheeb.

Alih-alih menyamakan kedudukan, tuan rumah justru kembali kebobolan melalui tendangan placing yang dilakukan Almoez Ali pada menit 37. Gol tersebut menjadikannya top skor sementara dengan torehan 8 gol dari enam pertandingan yang telah dijalaninya. Skor 2-0.

Tak ada gol penyama atau tambahan hingga wasit menyudahi babak pertama. Skor 2-0 untuk keunggulan Qatar. Selain itu, anak asuh Felix Sanchez juga unggul dalam penguasaan bola yang meyentuh 58% berbanding 42%.

Susunan Pemain

Qatar: Saad Al Sheeb; Boualem Khoukhi; Assim Omer Madibo; Pedro Correia; Abdelkarim Hassan; Tarek Salman; Salem Al Hajri; Hasan Al Haydos; Karim Boudiaf; Akram Hassan Afif; Almoez Ali.

Cadangan: Ahmed Al Aaeldin; Hamid Ismaeil; Khaled Mohammed; Tameem Mohammed; Abdelrahman Mohamed; Abdulkarim Al-Ali; Ali Hassan Afif; Yousof Hassan Ali; Mohammed Albakri.

UEA: Khalid Eisa Bilal; Ismail Ahmed; Fares Juma Al Saadi; Khamis Esmaeel; Walid Abbas Murad; Ismail Al Hamadi; Ali Hassan Salmin; Saif Rashid; Amer Abdulrahman; Bandar Mohammed; Ali Ahmed Mabkhout.

Cadangan: Ali Khaseif Humaid; Majed Hassan Ahmad; Ismaeil Matar; Ahmed Khalil; Khalifa Mubarak; Mohamed Khalfan; Mohammed Abdulrahman; Khaflan Mubarak; Mohamed Al Shamsi.

Baca juga artikel terkait PIALA ASIA 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Hendi Abdurahman