Hasil Qatar vs UEA di Piala Asia 2019: Final Pertama The Maroon

Oleh: Hendi Abdurahman - 29 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Qatar lolos ke final untuk pertama kalinya sepanjang keikutsertaan di Piala Asia usai kalahkan UEA di babak semifinal dengan skor 4-0, Selasa (29/1/2019).
tirto.id - Hasil pertandingan Qatar vs UEA di semifinal Piala Asia 2019 yang berlangsung di Stadion Mohammed Bin Zayed, Selasa (29/1/2019) berakhir dengan skor 4-0. Gol Boualem Khoukhi, Almoez Ali, Hasan Al Haydos, dan Ismail Ahmed membuat The Maroon unggul empat gol tanpa balas.

Dengan kemenangan tersebut, Qatar melaju ke final untuk pertama kalinya sepanjang keikutsertaannya di Piala Asia. Tak hanya itu, satu gol yang dibuat Almoez Ali juga membuat dirinya menjadi top skor sementara dengan torehan 8 gol.

Dua Gol di Babak Pertama

Gol pertama di laga ini tercipta untuk Qatar saat pertandingan berjalan 22 menit. Melalui serangan balik cepat, Boualem Khoukhi melepaskan tendangan yang mengarah ke gawang. Kendati tak terlalu keras, kiper Khalid Eisa gagal menepis bola. Skor 1-0.

Alih-alih menyamakan kedudukan, UEA justru kembali kebobolan melalui sepakan melengkung yang dilakukan Almoez Ali pada menit 37. Gol itupun membuatnya menjadi top skor sementara dengan raihan 8 gol dari enam laga yang telah dijalaninya. Skor 2-0.

Tak ada gol tambahan hingga babak pertama usai. Selain unggul gol, anak asuh Felix Sanchez juga unggul dalam penguasaan bola yang menyentuh 58%.


Tambahan Gol dan Kartu Merah di Pengujung Laga

Babak kedua berlangsung tujuh menit, UEA langsung menggebrak melalui peluang yang didapat Ali Ahmed Mabkhout. Namun, Saad Al Sheeb yang berada dalam posisi yang tepat membuat tendangan Mabkhout masih bisa ditepis.

Hingga waktu menunjukkan menit ke-70 UEA tampil mendominasi dengan terus-menerus melakukan serangan ke area pertahanan Qatar. Saat laga berjalan 72 menit, Ahmed Khalil hampir saja mencatatkan namanya di papan skor andai sundulannya tak ditepis Saad al Sheeb. Skor tetap 2-0.

Terus menerus menyerang membuat tuan rumah seolah hilang konsentrasi di lini pertahanan. Kelengahan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Qatar yang kembali menjauh berkat gol yang diciptakan Hasan Al Haydos. Mendapat umpan terobosan Akram Hassan Afif dan tinggal berhadapan dengan penjaga gawang, pemain berusia 28 tahun itu melalui tendangan chips. Skor 3-0.

Di pengujung laga, UEA semakin berat untuk memperkecil ketertinggalan lantaran Ismail Ahmed mendapat kartu merah. Tak lama setelah kejadian tersebut, Qatar pun menggenapkan keunggulan menjadi 4-0 setelah Hamid Ismaeil mencetak gol di pengujung pertandingan.

Skor akhir 4-0 untuk kemenangan Qatar membuat mereka lolos ke babak final untuk menantang Jepang yang telah memastikan satu tempat di partai puncak. Laga final akan digelar pada Jumat (1/2/2019).

Susunan Pemain

Qatar: Saad Al Sheeb; Boualem Khoukhi; Assim Omer Madibo; Pedro Correia; Abdelkarim Hassan; Tarek Salman; Salem Al Hajri; Hasan Al Haydos; Karim Boudiaf; Akram Hassan Afif; Almoez Ali.

Cadangan: Ahmed Al Aaeldin; Hamid Ismaeil; Khaled Mohammed; Tameem Mohammed; Abdelrahman Mohamed; Abdulkarim Al-Ali; Ali Hassan Afif; Yousof Hassan Ali; Mohammed Albakri.

UEA: Khalid Eisa Bilal; Ismail Ahmed; Fares Juma Al Saadi; Khamis Esmaeel; Walid Abbas Murad; Ismail Al Hamadi; Ali Hassan Salmin; Saif Rashid; Amer Abdulrahman; Bandar Mohammed; Ali Ahmed Mabkhout.

Cadangan: Ali Khaseif Humaid; Majed Hassan Ahmad; Ismaeil Matar; Ahmed Khalil; Khalifa Mubarak; Mohamed Khalfan; Mohammed Abdulrahman; Khaflan Mubarak; Mohamed Al Shamsi.

Baca juga artikel terkait PIALA ASIA 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Hendi Abdurahman