Piala Indonesia

Hasil PSM vs Bhayangkara FC: Tuan Rumah Unggul di Babak Pertama

Oleh: Hendi Abdurahman - 3 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 1-0 menjadi hasil babak pertama PSM vs Bhayangkara FC di leg kedua 8 besar Piala Indonesia, Jumat (3/5/2019).
tirto.id - Babak pertama PSM vs Bhayangkara FC di leg kedua Piala Indonesia yang digelar di Stadion Andi Mattalatta, Jumat (3/5/2019) berkesudahan dengan skor sementara 1-0. Gol tuan rumah tercipta lewat M. Rahmat pada menit ke-29.

Pelatih PSM, Darije Kalezic menurunkan Eero Markkanen guna membongkar lini pertahanan lawan yang ditopang oleh Wiljan Pluim di area tengah. Sementara di lini belakang, duet Abdul Rahman dan Aaron Evans kembali menjadi andalan untuk melapisi Rivky Mokodompit di posisi penjaga gawang.

Di lain pihak, Angel Alfredo Vera kembali memercayakan Dendy Sulistyawan yang pada leg pertama sukses menorehkan gol. Ia bakal dibantu oleh pemain muda Reksa Maulana di lini tengah. Adapun Anderson Salles menjadi komando di lini belakang.

Peluang pertama didapat PSM saat pertandingan baru berjalan tujuh menit. Berawal dari tendangan bebas Marc Klok yang mengarahkan bola kepada Abdul Rahman, bola kemudian diumpan ke Zulham Zamrun yang berdiri cukup bebas. Namun, sontekan Zulham masih dapat digagalkan Awan Setho.

Dominasi tuan rumah begitu terlihat, setidaknya hingga waktu menunjukkan menit 20. Lini tengah menjadi area yang kerap diandalkan PSM untuk membongkar pertahanan Bhayangkara FC. Bahkan, tim tamu tidak diberi kesempatan untuk melakukan serangan lantaran selalu diputus sejak melakukan build-up.


Pada menit 26, Bhayangkara FC memiliki peluang untuk unggul setelah wasit menunjuk titik putih usai Asnawi Mangkualam melakukan handball di kotak penalti. Namun, Anderson Salles yang maju sebagai eksekutor gagal menjalankan tugasnya karena tendangannya dapat dibaca dengan baik oleh Rivky Mokodompit.

Tak lama setelah gagal mengeksekusi penalti, Anderson Salles memiliki peluang lewat tendangan bebas, bola yang dilepaskan pemain asal Brasil tersebut terlihat telah memasuki garis gawang meski akhirnya memantul ke luar lapangan. Namun, momen yang cepat serta posisi wasit yang cukup jauh membuat wasit mengambil keputusan untuk melanjutkan pertandingan.

Melalui serangan balik pada menit 29, saat para pemain tim tamu tidak dalam keadaan siap, Asnawi Mangkualam yang melakukan akselerasi di sisi kanan berhasil memberikan umpan kepada M. Rahmat. Nama terakhir mampu menceploskan bola dan skor pun berubah 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Di sisa waktu, tak ada gol tercipta meski kedua tim tampil cukup terbuka. Skor 1-0 untuk keunggulan Juku Eja bertahan hingga turun minum.

Susunan Pemain

PSM: Rivky Mokodompit; Benny Wahyudi; Abdul Rahman; Aaron Evans; Asnawi Mangkualam; Marc Klok; Rizky Pellu; Wiljan Pluim; M. Rahmat; Zulham Zamrun; Eero Markkanen.

Cadangan: Hilman Syah; Zulkifli Syukur; Hasim Kipuw; Rasyid Bakri; Saldy; Guy Junior; Munhar.

Bhayangkara FC: Awan Setho; I Putu Gede; Anderson Salles; Indra Kahfi; Bagas Adi; M. Hargianto; Reksa Maulana; Nur Iskandar; Alsan Sanda; Vendry Mofu; Dendy Sulistyawan.

Cadangan: Indra Adi; Jajang Mulyana; T. M Ichsan; Sani Rizki; Herman Dzumafo; Fatchu Rohman; Rachmad Hidayat.

Baca juga artikel terkait PIALA INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus