Piala AFC 2019

Hasil PSM vs Becamex Binh Duong: Langkah Juku Eja Terhenti

Oleh: Hendi Abdurahman - 26 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
PSM Makassar gagal ke final Piala AFC zona ASEAN usai kalah produktivitas gol tandang atas Becamex Binh Duong.
tirto.id - Pertandingan PSM Makassar vs Becamex Binh Duong di leg kedua semifinal Piala AFC zona ASEAN yang digelar di Stadion Pakansari, Rabu (26/6/2019) berakhir dengan skor 2-1. Meski menang, Juku Eja gagal ke final lantaran kalah produktivitas gol tandang lantaran di leg pertama kalah 1-0, agregat keseluruhan 2-2.

Hasil ini membuat Becamex Binh Duong akan menghadapi tim yang juga berasal dari Vietnam, Hanoi FC yang sukses menyingkirkan Ceres Negros di laga sebelumnya. Kedua tim tersebut bakal bertemu di partai final Piala AFC 2019 zona ASEAN.

PSM tampil dominan di awal babak pertama. Sisi kiri menjadi area yang kerap diandalkan untuk membongkar lini pertahanan tim tamu. Beberapa kali M. Rahmat dan Benny Wahyudi berhasil menusuk hingga kotak penalti, tapi para bek Becamex Binh Duong masih terlihat fokus.

Pada menit 23, Wiljan Pluim melepaskan umpan ke kotak penalti yang disambut sundulan Rizky Pellu. Sayang, sundulannya masih melambung. Tim tamu merespons pada menit 37 lewat sontekan Nguyen Tien Linh yang masih menyamping tipis di sisi kanan.

Alih-alih mencetak gol, Juku Eja justru kebobolan di penghujung paruh pertama. Diawali dari skema tendangan penjuru, lini belakang PSM lengah menjaga pergerakan Wander Luiz yang dengan leluasa menyundul bola untuk menggetarkan jala Rivky Mokodompit. Skor 0-1 dan bertahan hingga turun minum.


Memasuki babak kedua dengan keunggulan satu angka membuat Becamex Binh Duong kian percaya diri. PSM justru terlihat seperti mengikuti ritme permainan skuat asuhan Nguyen Thanh Son tersebut.

Pada menit 69, Victor Mansaray memiliki peluang untuk menggandakan keunggulan tim tamu. Berdiri cukup bebas di luar kotak penalti, pemain bernomor punggung 21 itu melepaskan tendangan keras yang masih menyamping tipis di sisi kiri gawang.

Pergantian pemain yang dilakukan Darije Kalezic dengan memasukkan Zulham Zamrun memberikan dampak positif. Pada menit 75, Zulham melepaskan crossing ke kotak penalti yang gagal dihalau dengan baik oleh Ho Tan Tai dan justru mengarah ke gawang sendiri sehingga melahirkan gol bunuh diri. Skor 1-1.

Semangat Juku Eja terlecut. Satu menit kemudian, lewat proses yang mirip, Guy Junior memberikan umpan dan diteruskan oleh Eero Markkanen dengan sundulan. Sayang, bola meluncur tipis di atas mistar.

Tiga menit jelang berakhirnya laga, Aaron Evans sukses mencetak gol usai menerima umpan sepak pojok Zulham Zamrun. Gol ini membuat tensi kembali meningkat. Namun, waktu yang semakin sempit, juga tim tamu yang bermain bertahan di sisa waktu membuat skor 2-1 bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain

PSM Makassar: Rivky Mokodompit; Benny Wahyudi; Abdul Rahman (Ferdinand Sinaga); Aaron Evans; Asnawi Mangkualam; Rasyid Bakri (Guy Junior); Marc Klok; Rizky Pellu (Zulham Zamrun); Wiljan Pluim; M. Rahmat; Eero Markkanen.

Becamex Binh Duong: Tran Duc Cuong; Nguyen Thanh Long; Ali Rabo; Nguyen Thanh Thao; Ho Tan Tai; Nguyen Trong Huy (Dinh Hoang Max); Le Tan Tai; Wander Luiz; Nguyen Tien Linh (Ho Sy Giap); Victor Mansaray; Nguyen Anh Duc (V. Shumeyko).

Baca juga artikel terkait PIALA AFC 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight