Liga 1 2019

Hasil PSM vs Barito Putera Skor 2-1, Penalti Marc Klok Jadi Penentu

Oleh: Hendi Abdurahman - 14 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Liga 1 2019 antara PSM vs Barito Putera berakhir dengan skor 2-1 berkat penalti Marc Klok.
tirto.id - Hasil PSM vs Barito Putera pada pekan 14 Shopee Liga 1 2019 berakhir dengan skor 2-1. Tendangan penalti Marc Klok memastikan tuan rumah meraih kemenangan dalam laga yang dihelat di Stadion Andi Mattalatta, Rabu (14/8/2019).

Absennya Guy Junior di lini serang PSM membuat Darije Kalezic sebagai pelatih memasang Ferdinand Sinaga sebagai ujung tombak yang ditopang dari kedua sisi oleh Rahmat dan Zulham Zamrun.

Sementara di kubu tim tamu, Rafael Silva kembali turun sebagai starter di lini depan. Penggawa asal Brasil tersebut dibantu Paulo Sitanggang di sektor gelandang. Adapun Donny Monim dan Dandi Maulana bertugas di barisan pertahanan.

Di awal babak pertama, kedua tim terlihat masih mencari celah untuk membongkar lini pertahanan masing-masing lawan. Tidak banyak peluang terjadi. Akan tetapi, dari penguasaan bola tuan rumah lebih mendominasi.

Pada menit 27, Marc Klok memiliki kesempatan yang cukup terbuka di area penalti Barito Putera. Tanpa tekanan dari lawan, ia melepaskan sepakan keras tapi arahnya masih jauh dari sasaran. Barito Putera melakukan serangan balik sesekali. Kendati demikian, skor tetap 0-0 hingga turun minum.

Memasuki awal babak kedua, Laskar Antasari secara perlahan mulai percaya diri untuk memberikan tekanan kepada tuan rumah. Dua peluang dari sisi kanan pertahanan PSM dimiliki Yakob Sayuri dan Paulo Sitanggang.

Juku Eja merespons lewat Rahmat pada menit 58. Meskipun telah berhadapan langsung dengan penjaga gawang Adhitya Harlan, Rahmat gagal menyelesaikan kesempatan tersebut menjadi gol lantaran sepakannya bisa ditangkap dengan baik oleh sang kiper.

Gol pertama di laga ini pun lahir pada menit 60 lewat gol yang dicetak Asnawi Mangkualam. Menyusur sisi kanan, penggawa asal Makassar ini melepaskan tendangan mendatar ke kotak penalti yang justru gagal diantisipasi kiper dan bek Barito Putera. Skor 1-0.

Keunggulan PSM hanya bertahan lima menit. Pasalnya, Barito Putera sukses menyamakan kedudukan lewat tendangan Lucas Silva usai memanfaatkan sapuan Abdul Rahman yang tidak sempurna. Skor 1-1.

Tensi pertandingan meningkat. Darije Kalezic melakukan perubahan dengan memasukkan Bayu Gatra menggantikan Zulham Zamrun. Baru beberapa menit berada di dalam lapangan, kehadiran Bayu memberikan efek positif. Pergerakannya membuat bek Barito melanggarnya di kotak penalti dan membuat wasit menunjuk titik putih.

Maju sebagai eksekutor, Marc Klok sukses memperdayai Adhitya Harlan. Bola yang diarahkan ke pojok kanan gagal dihadang kiper yang bergerak ke arah berlawanan. Skor 2-1.

Di ujung pertandingan, duel kedua tim sempat memanas. Akibatnya, Rafael Silva mendapatkan kartu merah lantaran dianggap melakukan protes berlebihan. Tak lama setelah momen tersebut, peluit dibunyikan wasit pertanda laga usai.



Susunan Pemain

PSM: Rivky Mokodompit (Heri Prasetyo); Asnawi Mangkualam, Abdul Rahman, Hasim Kipuw, Benny Wahyudi; M. Arfan (Rizky Pellu), Marc Klok, Wiljan Pluim; Rahmat, Zulham Zamrun (Bayu Gatra), Ferdinand Sinaga.

Barito Putera: Adhitya Harlan; Andri Ibo, Donny Monim, Dandi Maulana, Rony Beroperay; Lucas Silva, Bayu Pradana, Paulo Sitanggang (Ferdiansyah), Yakob Sayuri (Rizky Pora), Gavin Kwan (Samsul Arif); Rafael Silva.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Hendi Abdurahman
DarkLight