Hasil PSG vs MU Skor 1-3: Penalti Rashford Bawa Tim Tamu ke 8 Besar

Oleh: Fitra Firdaus - 7 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil PSG vs Manchester United yang berakhir dengan skor 1-3 di leg kedua 16 besar Liga Champions 2018/2019 berkat penalti Marcus Rashford membuat tim tamu lolos. MU unggul agresivitas gol tandang dari PSG meski agregat sama kuat 3-3.
tirto.id - Penalti Marcus Rashford pada ujung pertandingan membuat Manchester United menaklukkan tuan rumah PSG dengan skor 1-3 di leg kedua 16 besar Liga Champions 2018/2019. Berkat kemenangan dramatis di Parc des Princes pada Kamis (7/3/2019), Iblis Merah lolos melalui agresivitas gol tandang, meski agregat sama kuat 3-3.

Nyaris tidak ada yang menyangka Manchester United bisa lolos ke 8 besar Liga Champions 2018/2019, terutama dengan kekalahan 0-2 di Old Trafford. Faktanya, meski sepanjang laga di Parc des Princes, United kalah telak dalam penguasan bola dan jumlah tembakan, merekalah yang melaju.

Pada babak pertama, PSG terbobol oleh gol cepat Romelu Lukaku ketika laga baru berjalan 111 detik. Memanfaatkan kesalahan Thilo Kehrer, Romelu Lukaku mendapatkan bola dan mengecoh Gianluigi Buffon dari jarak dekat.

PSG sempat membalas melalui aksi Juan Bernat berkat umpan Kylian Mbappe. Namun, tim tamu kembali unggul pada menit ke-30. Buffon tak bisa mengamankan bola muntah tembakan Marcus Rashford. Ada Lukaku di sana untuk membuat timnya unggul kembali.

PSG tetap mendominasi penguasaan bola pada babak kedua. Menit ke-56, mereka berhsail menyarangkan gol ketika umpan terobosan Mbappe diambil Angel Di Maria, dan diakhiri dengan chip cantik melewati David De Gea. Namun, gol tersebut dianulir wasit karena offside.

Sementara MU terlihat tidak cukup ampuh untuk mencafri gol ketiga yang bisa menyegel tempat ke perempat final, PSG memilih cara aman. Pelatih Thomas Tuchel memasukkan Leandro Paredes dan Thomas Meunier dalam 20 menit terakhir untuk menjaga pertahanan.

Tetapi, sengatan PSG tetap lebih tajam daripada United. Menit ke-84, Mbappe yang berusaha mengecoh De Gea, tergelincir. Bola masih liar, dan ada Juan Bernat yang mengambil alih. Dari sudut sempit, sang bek Spanyol melepaskan tembakan, hanya mengenai mistar.

Menit 90, tembakan Diogo Dalot mengenai lengan Presnel Kimpembe di kotak terlarang. Wasit Damir Skomina membutuhkan VAR untuk memastikan pelanggaran sebelum menunjuk titik putih. Marcus Rashford muncul sebagai eksekutor dan dia mengirim tembakan ke sudut gawang tanpa bisa dicegah Buffon.

United yang sepanjang pertandingan tampak kesulitan, kini bukan cuma menyamakan agregat, tetapi juga unggul dalam agresivitas gol tandang. Upaya terakhir PSG dengan memasukkan Edinson Cavani tidak berguna. Skor akhir tetap 1-3, dan pasukan Ole Gunnar Solskjaer menjaga asa mereka di Eropa.





Pencetak Gol: Juan Bernat 12 (PSG) Romelu Lukaku 2, 30, Marcus Rashford 90 (Manchester United)

PSG (4-4-1-1): Gianluigi Buffon; Thilo Kehrer (Leandro Paredes 70), Thiago Silva, Presnel Kimpembe, Juan Bernat; Dani Alves (Edinson Cavani 90), Marquinhos, Marco Verratti, Angel di Maria; Julian Draxler (Thomas Meunier 70); Kylian Mbappe.

cadangan: Alphonse Areola, Eric Maxim Choupo-Moting, Layvin Kurzawa, Colin Dagba.

MANCHESTER UNITED (3-5-2): David de Gea; Chris Smalling, Eric Bailly (Diogo Dalot 36) Victor Lindelof; Ashley Young (Mason Greenwood 87), Fred, Scott McTominay, Andreas Pereira (Tahith Chong 80), Luke Shaw; Romelu Lukaku, Marcus Rashford.

cadangan: Marcos Rojo, Sergio Romero, James Garner, Angel Gomes.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus