Hasil PPMB Unair 2018: 1.560 Pendaftar Dinyatakan Lolos Seleksi

Oleh: Yuliana Ratnasari - 20 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
Dari 15.000 pendaftar, tercatat sebanyak 1.560 calon mahasiswa baru diterima lewat PPBM Unair 2018 jalur mandiri ini.
tirto.id - Pengumuman hasil seleksi mahasiswa baru Universitas Airlangga (Unair) melalui PPMB jalur mandiri resmi diumumkan pada Kamis (19/7/2018). Pendaftar dapat mengakses pengumuman tersebut melalui laman ppmb.unair.ac.id.

Tercatat sebanyak 1.560 calon mahasiswa baru diterima lewat PPBM Unair 2018 jalur mandiri ini. Sementara itu, jumlah pendaftar mencapai 15.000 orang. Informasi ini dipaparkan Rektor Unair Prof. Dr. Muhammad Nasih di Gedung Rektorat Universitas Airlangga.

“Artinya, yang belum diterima cukup banyak sekitar 14.000 pendaftar. Kepada yang tidak diterima, saya mengimbau untuk tidak bersedih hati. Tentu masih banyak kesempatan. Kalau tetap ingin masuk kuliah ke Unair ya, ikut jalur D3,” kata Nasih seperti dikutip laman resmi Unair.

Ia menambahkan, total kuota yang diterima jalur mandiri sekitar 30 persen dari jumlah mahasiswa baru 2018. Sementara untuk sisa kuota dari jalur SBMPTN tidak terlalu banyak, sekitar 100 kursi.

“Dari hasil analisis nilai yang ada, peserta dengan nilai tertingginya berasal dari eksakta dengan nilai 717 poin dari nilai SBMPTN. Yang bersangkutan diterima di Fakultas Kedokteran (FK),” imbuhnya.

Bagi calon mahasiswa baru yang dinyatakan lolos diimbau untuk segera mulai melakukan registrasi mulai Kamis 19 Juli sampai Minggu 22 Juli 2018. Tahap ini nantinya digunakan untuk mengambil keputusan berikutnya jika mahasiswa jalur mandiri yang tidak daftar ulang cukup banyak.

“Jika jumlahnya banyak [peserta tidak daftar ulang], Unair akan membuka putaran ketiga untuk mengisi. Yakni, ranking dibawahnya langsung mengisi. Unair tidak akan membuka pendaftaran baru, tapi mengambil dari ranking di bawahnya,” papar Nasih.

Terkait dengan Uang Kuliah Awal (UKA), Prof. Nasih mengatakan bahwa biaya kuliah pendaftar FK rata-rata 110 juta. Sementara sekitar 35 orang mendapat UKA sebesar 70 juta, yang tertinggi yakni 500 juta berjumlah satu orang.

“Ada pendaftar dengan UKA 800 juta tapi tidak diterima. Artinya penentuan penerimaan jalur mandiri tetap berpatok pada kualitas,” kata Nasih menjelaskan.

Pendaftaran seleksi mahasiswa baru lewat PPBM Unair 2018 ini telah dibuka pada 4-11 Juli lalu. Peserta dapat melakukan pendaftaran secara online lewat tautan https://pendaftaran.unair.ac.id.

Setelah melakukan registrasi dan dapat login, peserta harus mengikuti langkah awal yaitu pemilihan jenjang seleksi. Selanjutnya, peserta mengisi formulir sesuai jurusan yang dipilih: IPA, IPS, atau IPC. Selain mengisi formulir, peserta PPMB Unair 2018 juga diharuskan mengunggah berkas persyaratan.

Pasca-pengumuman hasil seleksi mandiri PPMB, calon mahasiswa dapat melakukan registrasi di laman regmaba.unair.ac.id. Ketentuan dan tahap registrasi tersebut dapat dilihat pada laman resmi PPMB Unair.


Baca juga artikel terkait SELEKSI MAHASISWA BARU atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Pendidikan)


Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari