Final Liga Negara UEFA 2019

Hasil Portugal vs Belanda Skor Babak Pertama 0-0, Selecao Ofensif

Oleh: Ikhsan Abdul Hakim - 10 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil final Liga Negara UEFA A antara Portugal vs Belanda masih dalam skor 0-0 di babak pertama.
tirto.id - Final Liga Negara UEFA A antara Portugal vs Belanda di Stadion Dragao, Senin (10/6/2019) dini hari WIB masih dalam skor 0-0 di babak pertama. Penampilan ofensif Cristiano Ronaldo dan kolega masih belum mampu membongkar pertahanan lawan hingga turun minum.

Dalam laga ini, Selecao das Quinas menurunkan skuat terbaiknya untuk menjamu Belanda. Dengan patron 4-3-1-2, pelatih Fernando Santos mengandalkan duet Goncalo Guedes dan Cristiano Ronaldo di lini serang.

Sementara di kubu tim tamu, De Oranje menurunkan formasi 4-3-3. Di lini serang, pelatih Ronald Koeman mengandalkan trio Steven Bergwijn, Memphis Depay, dan Ryan Babel.

Ancaman pertama datang dari kubu Portugal pada menit ke-11. Menerima bola di kotak penalti, Cristiano Ronaldo melepaskan tembakan keras ke gawang.

Untung bagi Belanda, Daley Blind mengeblok tembakan tersebut. Bola pun keluar dan menghasilkan sepak pojok. Sundulan William Carvalho yang berawal dari sepak pojok tersebut juga masih dimentahkan Jasper Cillessen.

Pada menit 29, serangan Portugal kembali memaksa Cillessen bekerja keras. Berawal dari umpan sepak pojok, Jose Fonte membelokkan bola ke arah gawang. Cillessen pun harus menjatuhkan diri untuk menghalau bola.

Ronaldo kembali menebar ancaman pada menit 41. Dari sisi kiri, bintang Juventus itu melakukan cut inside sebelum melepaskan tembakan keras dan mendatar. Namun lagi-lagi Cilessen mementahkan tembakan tersebut.

Sepanjang babak pertama, Portugal lebih sering menciptakan peluang berbahaya yang mengancam gawang Belanda. Namun kedisiplinan lini pertahanan Virgil van Dijk dan kolega membuat skor kacamata bertahan hingga turun minum.

Di babak pertama, Selecao das Quinas tampil lebih menjanjikan dengan menorehkan delapan tembakan, empat di antaranya tepat sasaran. Sebaliknya, Belanda belum mampu menghadirkan ancaman berarti dan tanpa sekali pun menembak ke gawang lawan hingga turun minum.


Susunan Pemain Portugal vs Belanda

Portugal (4-3-1-2): Rui Patricio; Nelson Semedo, Ruben Dias, Jose Fonte, Raphael Guerreiro; Bruno Fernandes, Danilo Pereira, William Carvalho; Bernardo Silva; Goncalo Guedes, Cristiano Ronaldo. | Pelatih: Fernando Santos.

Belanda (4-3-3): Jasper Cillessen; Denzel Dumfries, Matthijs de Ligt, Virgil van Dijk, Daley Blind; Marten de Roon, Frenkie de Jong, Georginio Wijnaldum; Steven Bergwijn, Memphis Depay, Ryan Babel. | Pelatih: Ronald Koeman.

Baca juga artikel terkait LIGA NEGARA UEFA atau tulisan menarik lainnya Ikhsan Abdul Hakim
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Ikhsan Abdul Hakim
Editor: Fitra Firdaus