Liga Champions

Hasil Porto vs Liverpool Skor 1-4: The Reds Melaju ke Semifinal

Oleh: Gilang Ramadhan - 18 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 1-4 menjadi hasil Porto vs Liverpool dalam laga leg kedua 8 besar Liga Champions 2018/2019 pada Kamis (18/4/2019).
tirto.id - Hasil Porto vs Liverpool dalam laga leg kedua babak 8 besar Liga Champions 2018/2019 berkesudahan dengan skor 1-4. Bertaniding di Estadio do Dragao pada Kamis (18/4/2019), The Reds berhasil melaju mulus ke semifinal usai unggul agregat 6-1.

Empat gol Liverpool dicetak oleh, Sadio Mande, Mohamed Salah, Roberto Firmino dan Virgil van Dijk. Sementara Porto sempat membalas melalui aksi Eder Militao. Liverpool sudah ditunggu Barcelona di babak semifinal.

Porto yang membutuhkan tiga gol untuk lolos otomatis ke babak selanjutnya memulai laga dengan apik. Pada menit pertama, Jesus Corona yang diragukan tampil berhasil melakukan tusukan dari sisi kiri pertahanan Liverpool. Namun sepakannya masih melambung tipis di atas mistar.

Memasuki menit ke-26, Liverpool terlebih dahulu mencetak gol. Umpan terobosan Mohamed Salah ke muka gawang berhasil diteruskan Sadio Mane menjadi gol. Sempat dinyatakan offside, namun wasit mengesahkan gol tersebut usai meninjau ulang dari tayangan VAR.

Babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan Liverpool. Porto membutuhkan 4 gol untuk memastikan lolos otomatis ke semifinal.

Di babak kedua, Liverpool tak menurunkan intensitas serangannya. Pada menit 65, Mohamed Salah sukses memperlebar keunggulan. Bermula dari serangan balik cepat, Trent Alexander-Arnold mengirim umpan terobosan yang sukses diraih Mohamed Salah di depan kotak penalti.

Berhadapan satu lawan satu dengan Iker Casillas, penyerang asal Mesir itu dengan tenang mengirim bola ke sudut kiri bawah gawang. Skor berubah menjadi 2-0 untuk Liverpool.



Berselang tiga menit kemudian, tuan rumah sukses memperkecil selisih skor. Berawal dari situasi sepak pojok yang diambil Alex Telles, Eder Militao sukses mengungguli para pemain Liverpool untuk menanduk bola. Bola melaju deras ke sisi kanan gawang Alisson Becker.

Tak puas dengan keunggulan tipis, anak asuh Jurgen Klopp kembali menambah gol pada menit 77. Kali ini, Roberto Firmino giliran menjadi aktor terciptanya gol. Umpan tarik Jordan Henderson ke muka gawang berhasil dia tuntaskan dengan tandukan yang diarahkan di antara dua kaki Iker Casillas.

Tujuh menit jelang laga usai, Virgil van Dijk memantapkan kemenangan Liverpool menjadi 4-1. Bek asal Belanda itu berhasil menanduk bola di muka gawang hasil sepak pojok James Milner dengan mudah. Iker Casillas tak sempat bereaksi.

Hingga pertandingan berakhir kemenangan 4-1 Liverpool tidak berubah. Tuan rumah sebenarnya memiliki 16 peluang yang setengahnya mengarah ke gawang, namun kiper Liverpool, Alisson Becker, tampil gemilang. Sedangkan Liverpool memiliki 12 peluang, 5 di antaranya mengarah ke gawang.

Susunan Pemain

Porto (3-4-3): Iker Casillas; Felipe, Pepe, Eder Militao; Jesus Manuel Corona (Fernando Santos 78'), Hector Herrera (c), Danilo Pereira, Alex Telles; Yacine Brahimi (Bruno Costa 81'), Moussa Marega, Otavio (Tiquinho Soares 46'). | Pelatih: Sergio Conceicao.

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold (Joe Gomez 66'), Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson (Jordan Henderson 71'); James Milner (c), Fabinho, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Divock Origi (Roberto Firmino 46'), Sadio Mane. | Pelatih: Jurgen Klopp.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS 2019 atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Fitra Firdaus