Hasil Piala Sudirman 2019: Minions Bawa Indonesia Ungguli Jepang

Oleh: Oryza Aditama - 25 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Indonesia vs Jepang dalam semifinal Piala Sudirman 2019, untuk sementara kedudukan 1-0 setelah Marcus/Kevin menang di partai pertama.
tirto.id - Tim beregu campuran Indonesia untuk sementara memimpin 1-0 atas Jepang di semifinal Piala Sudirman 2019 setelah Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo menang dalam laga partai pertama.

Pasangan berjuluk Minions itu mengalahkan ganda putra Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, dalam laga yang berlangsung di Guangxi Sports Center, Nanning, Cina, Sabtu (25/5/2019) sore.

Marcus/Kevin membutuhkan waktu 43 menit untuk menghentikan perlawanan pasangan Jepang tersebut dalam dua set langsung dengan skor 21-14, 21-18.

Tampil menekan, Marcus/Kevin langsung memimpin 8-3 pada awal gim pertama. Kepiawaian Kevin di depan net kerap membuahkan angka bagi kubu Indonesia. Pengembalian melebar dari pasangan Jepang menandai jeda interval dengan skor 11-5 untuk pasangan Indonesia.

Performa impresif Marcus/Kevin terus berlanjut pada paruh akhir gim pertama. Kombinasi smes keras dan pukulan dropshot dari pasangan Indonesia, kerap menyulitkan pertahanan lawan, skor 17-9 ganda Indonesia memimpin. Smes menyilang Marcus Gideon menutup gim pertama dengan skor 21-14.

Awal gim kedua berjalan ketat. Marcus/Kevin sempat memimpin 5-2, namun lawan mampu membalikkan kedudukan menjadi 5-7 usai mendulang lima angka beruntun. Menjelang jeda pasangan Indonesia kembali mendapat momentum untuk memimpin. Skor 11-9 menandai interval untuk kubu Indonesia.

Usai jeda, duel kembali berjalan ketat. Jual-beli pukulan drive kerap mewarnai permainan kedua pasangan. Kendati Marcus/Kevin memimpin perolehan poin, namun pasangan Jepang tetap menempel ketat di belakang mereka. Sebuah antisipasi pukulan yang salah dari pasangan Jepang, menandai akhir gim kedua lewat skor 21-18.

Untuk partai selanjutnya, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung bakal menghadapi pemain nomor 4 dunia milik Jepang, Akane Yamaguchi. Pertarungan kali ini bakal menjadi ujian berat bagi Gregoria, pasalnya ia kalah dalam rekor head-to-head melawan sang juara tunggal putri Badminton Asia Championships 2019 tersebut.

Terhitung dalam 3 kali kesempatan menghadapi Akane Yamaguchi, Gregoria mesti menelan 2 kali kekalahan dan hanya sekali menang. Satu-satunya kemenangan Gregoria didapat saat pertandingan beregu Asian Games 2018. Sementara dua kekalahan terjadi saat French Open 2018 dan New Zealand Open 2019.


Baca juga artikel terkait PIALA SUDIRMAN 2019 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Ibnu Azis
DarkLight